Menginap di Summerbird Bed and Brasserie

September 08, 2016
Hotel-hotel Instagram ini sedang menjamur di Bandung. Hotel yang instagramable biasanya hotel-hotel yang kamarnya customize alias tiap kamar beda interiornya. Jumlah kamar pun tidak yang sampai puluhan. Apalagi ratusan. 9 kamar cukup. 15 kamar cukup. 20 kamar cukup :D

Small and unique lah.

Ada satu hotel yang instagram banget dan saya pengen banget review. Summerbird Bed and Brasserie namanya. 

Saya belum banyak mereview hotel ala-ala Instagram sih di Bandung. Baru Cottonwood saja. Dan emang ya waktu saya masuk ke Summerbird, feelingnya sama kayak waktu saya di masuk ke Cottonwood. Tempatnya bagus banget, bukan fancy yang glamor sih. Ini lebih ke lucu-lucu gitu dari lantai yang saya pijak sampai langit-langit yang saya lihat. 

Cuma waktu di Summerbird, saya langsung ingatnya ke Hotel Adhisthana di Yogyakarta. Mirip sih auranya. 




Dan Summerbird tidak mengecewakan. Semuanya baguuuus! oke kita mulai aja resensinya yak.


LOCATION

Ada di sekitar Jalan Pasir Kaliki, tepatnya Jalan Kesatriaan. Menurut saya sih ini masih di pusat kota. Dekat dengan bandara, lebih dekat lagi malah dengan stasiun kereta api Bandung. 

Mall terdekat adalah Istana Plaza (IP). Mau jajan juga gampang, keluar hotel jalan dikit ketemu lapak Ayam Kampung Bakar/Goreng, Ceker Pedas, Cilok Daging, dan masih ada beberapa lainnya. Kalau mau jalan sampai ke Jalan Pasir Kaliki malah lebih banyak pilihan.

Kalau saran saya sih makan deh di Ayam Semar Pandawa di jalan Semar Buntu (Pandawa). Edan itu enak banget daging ayam bakarnya, sangat amat saya rekomendasikan. Teh manisnya juga enak, ala-ala teh manis di Yogyakarta gitu. 

Minimarket terdekat jaraknya 500 meteran lah, di Jalan Pasir Kaliki, dekat si Ayam Semar Pandawa itu sih. Kalau mau ke Pasar Baru ya masih relatif dekat. Ke Jalan Riau atau Dago juga gak jauh-jauh amat kok. kalau lama di jalan masalahnya palingan cuma di macet aja. 


ROOM

Gileeeh room oke banget! Saya sangat suka! Ini hotel pake jasa arsitek siapa ya, interiornya juga siapa ya. Bagus semua dari ujung ke ujung. Gak cuma bagus untuk mata, tapi juga sangat nyaman untuk saya bergerak di kamar, di lobi, di koridor, di lift, di tangga, di restoran, duh semuanya deh. 

Summerbird terdiri dari tiga lantai dan 28 kamar. 

Lobinya cantik banget. Pokoknya begitu masuk Summerbird pasti deh pengen langsung foto-foto. Meja resepsionisnya aja unik gitu. Masuk ke kamar, saya menginap di kamar Superior Rustic dan OMG senang banget ada di kamar ini. Seperti masuk ke kamar impian hihihihi :D 

Kamarnya gak luas-luas amat kok. Malah cenderung kecil, tapi pemanfaatan ruangnya keren deh. Penempatan meja, ranjang, lampu tidur, sampai jendela, semuanya enak dipandang. Juga tidak menyulitkan saya untuk bergerak. Bahkan pengaturan penerangannya juga oke banget. Gak terang-terang amat, cukup lah. Mau kerja bisa, mau tidur juga apalagi. 

Bednya gak terlalu empuk. Standar. Kalau bantal mah ugh enak banget saya suka. AC kamar juga oke, gak ada keluhan. WIFI mantap meski kadang naik turun sih, tapi gak lama turunnya. 

Kamar mandi, ugh lucu banget. Bentuknya memanjang dan disekat kaca dengan kamar tidurnya. Kacanya dong, tembus pandang hahaha :D Tapi ada tirainya kok kalau gak mau kelihatan ngapa-ngapain di kamar mandi dengan teman tidur kita :D Tapi kaca ini juga bagusnya memberi suasana lebih lapang ke kamar yang kecil itu. Gak berasa sempit. bahkan saat tirai kamar mandi diturunkan. Amenities lengkap tapi standar lah. Tisu, shampoo, sabun dua macam, sikat gigi dan pasta gigi, handuk dua, dan handuk keset. Air panasnya juga mantap banget. 

Masalahnya adalah kegiatan di kamar mandi terdengar sangat jelas ke kamar tidur. Pertama, kaca itu sih ngaruh kali ya, gak terlalu tebal kacaya. Kedua, pintu kamar mandi terbuat dari kayu berbuku-buku. Jadi suara dari kamar mandi tembus langsung ke kamar tidur hahahaha :D Adooooh ini kalau nginep dengan pasanganyang baru nikah agak-agak gimana gitu, juga kalau menginap dengan teman sih. Hehehe.

Anyway karena hotelnya instagram banget, so ya mereka punya paket foto prewedd.   


FOOD

Menu sarapan ada tiga macam: British, Continental, dan Traditional. Saya pilih British, Indra pilih Continental. Kalau nasi goreng dan mie goreng mah sudah terbayang ya rasanya kayak gimana :D 

Menu sarapan ini ala carte. Nanti pas check in ditanyakan mau menu sarapan apa, termasuk minumnya (teh dan kopi). Saya gak nyoba menu di restoran selain sarapan sih.

FYI, Summerbird ini selain hotel, dia berfungsi sebagai kafe juga. Restorannya ada dua, di lantai satu (dasar) dan dua. Kalau di lantai dasar penuh orang, baru restoran lantai dua dibuka. Nampaknya sih makanan di sini enak-enak. Ah ini baru asumsi, lain kali saya akan kembali lagi deh ke sini khusus buat makan doang. Kalau merhatiin rasa sarapannya sih, enak-enak. Harusnya makanan lain ya enak juga :D 

Kebanyakan di sini menunya western sih. Dari main course sampai dessert. Makanan di kafe bisa dipesan diantar ke kamar. 


SERVICE

Standar aja, resepsionis ramah seperti kebanyakan resepsionis hotel lainnya. Kinerjanya oke gerak cepat, check in gak makan waktu lama. 


BE CAREFUL WITH….

Kalau di hotel yang kamar-kamarnya custom begini harus hati-hati karena barang-barangnya tiap kamar berbeda. Dan itu kalau rusak, dendanya lumayan: Satu juta! 

So yeah saya perhatiin juga sih ini penginapan gak terlalu cocok untuk orang tua dengan anak kecil yang anaknya pecicilan banget :D Khawatir nyenggol gelas dan lampu meja sih :D 

Saya menginap di sini bawa Nabil sih dan masih baik-baik aja. Tapi ada kekhawatiran dia menyenggol sesuatu sih :D terutama waktu kami sarapan di restoran. Saya aja sih mungkin yang parno padahal gak akan kenapa-kenapa juga. Tapi kalau kamu pasangan baru tanpa anak dan menyukai desain yang modern dan urban, ya cocok ada di Summerbird. 

Last bu not least, kamu bisa memesan kamar di hotel ini via Bandung Diary (Agoda). Informasi detailnya bisa dibaca pada tulisan Book A Room

Kamar Superior yang saya inapi per malam ratenya 400ribuan, termasuk sarapan. Ada tipe Deluxe dan tipe Suite. Tiap kamar desainnya beda-beda. Untuk Superior ada Superior Vintage, Superior Rustic, dan Superior French. 



Summerbird Bed and Brasserie
Jalan Kesatriaan 11


Cara menuju Summerbird:


1. Kalau dari Tol Pasteur, arahkan kendaraan ke Jalan Pasir Kaliki. Dari Pintu Tol itu lurus saja. Nanti di perempatan pertama belok ke kanan (jalan pasir kaliki). 

Belok ke Jalan Pajajaran (kiri) - Jalan Cicendo (kanan) - jalan Kebon Kawung (kanan) - masuk lagi ke Jalan Pasir Kaliki (kanan) dan bersiap belok ke kiri sebelum SMA 6 Bandung. 

2. Kalau dari Stasiun kereta Bandung: Keluar di pintu utara (jalan Kebon Kawung) - belok ke kanan ke Jalan Pasir Kaliki - Belok ke kiri Jalan Ksatriaan. 

3. Kalau dari Bandara Husein : Lurus ke Jalan Pajajaran - Jalan Cicendo (kanan) - jalan Kebon Kawung (kanan) - masuk lagi ke Jalan Pasir Kaliki (kanan) dan bersiap belok ke kiri sebelum SMA 6 Bandung.















Foto : Indra Yudha
Teks: Nurul Ulu
5 comments on "Menginap di Summerbird Bed and Brasserie"
  1. Aaaakkkk...
    Gimana kalau aku nginap disitu...uwuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. nginep di summerbird aja hehehe pasti poto-poto aja deeh kamu di sana, nay :D

      Delete
  2. foto-foto makanannya jan maknyuss tenan.

    Bagaimana dengan rate menginap di sana ya mbak?

    apakah masih terjangkau dengan kantong backpacker?

    salam kenal dan terima kasih Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga, masa wadito. bekpeker berapa biasanya budget menginapnyaa? di sini 400ribuan, mas.

      Delete
  3. Makasih banget mba, review nya komplit. Sampe jalan menuju hotel nya dijelasin juga. Btw, agak serem ya kalo ada yg rusak denda 1jt, mau gerak musti ati2. Haha

    ReplyDelete