Ayam Semar Pandawa, Edan Enak Pisan!

September 23, 2016
Ceritanya kami bertiga nginep semalam di Summerbird. Seperti biasa lah malam hari berburu hunting kuliner di sekitar hotel. Sering sih merasakan momen di mana kamu gak yakin dengan tempat makanan yang kamu lihat? Pas lihat restorannya, feeling kamu bilang itu bukan tempat yang kamu cari. Waktu lewat warung sate, kamu cium asap bakar satenya tapi lubuk hati kamu berbisik kamu harus berjalan lagi. Nah itu teh saya banget hohohoho. 

Gak rese cari makan sih, cuma kebetulan aja lagi nyantai so ya agak selektif gak ada salahnya. Nah sama kasusnya dengan pertemuan Ayam Semar Pandawa. 

Dari Summerbird, kami berjalan melewati lapak ayam bakar (khusus ayam kampung pula), warung pernasigorengan, perpecel-lelean, kwetiaw dan sejenisnya, sate ayam dan sapi. Baru deh pas lihat Ayam Semar Pandawa, saya dan Indra saling melirik dan berkata tanpa bicara: INI TEMPATNYA! 

Hahahaha :D 

Well terbukti ayam bakarnya enak parah parah parah! Ukuran ayamnya kecil sih, dibakar pake bumbu manis. Dan pastinya di ayam sudah direndam di bumbu dulu deh. Mungkin bumbu koneng (kunyit). Lalu entah apa itu bumbu kok manisnya sangat paripurna ya. Gak ada cela sama sekali. 




Makanan ini nih tipikal yang harus kamu makan dengan jari tangan, bukan sendok. Terus begitu makanan sudah habis, kamu jilat-jilatin jari jemari kamu saking enaknya itu ayam. 

Kekurangan ayam ini adalah porsinya yang terlalu sedikit dan harganya yang lebih dari kedai sejenis. Yah ada harga ada rupa kali ya. Saya sih jelas akan kembali ke Ayam Semar Pandawa. Gila aja enak gitu masa dicuekin :D 

Btw, teh manisnya juga nikmat. Tipikal es teh manis dari tanah jawa (non-priangan). Kayak es teh manis di Cirebon, Yogyakarta gitu deh. Enak, pake gula batu apa ya? Ah entahlah. Recommended sih teh manisnya. Sebenarnya ada free drink teh anget tawar. Tapi ya pesan juga lah es teh manis/teh manis anget. Pasti suka. Pasti bertanya-tanya, apa istimewanya teh manis? hohoho ada atuh. Cobain aja tinggal di daerah pesisir kayak saya, terus pindah ke Bandung. Niscaya benda seremeh teh manis itu ada bedanya :D 

Ayam Bakar 18K
Nasi Putih 3K
Nasi Merah 5K
Es teh manis 5K


Cara Menuju Ayam Semar Pandawa

1. Arahkan kendaraan ke Pasir Kaliki bagian bawah alias yang jalannya satu arah menuju ke atas (Sukajadi).

2. Ada belokan kedua setelah pertigaan Stasiun - Pasir Kaliki. Sebelah kiri jalan, sebelahnya Alfamart. Nah masuk ke situ yak. Ayam Semar Pandawa ada di ujung jalan Pandawanya. 

Udah gitu aja, gampang ya hohoho :D 


2 comments on "Ayam Semar Pandawa, Edan Enak Pisan!"
  1. waaaahhhh
    the picture looks so goood!
    pengen coba jadinya kalau nanti ke bandung hehe


    salam kenal mbak e
    #BaruBelajarBlogWalking
    semoga kedepanya bisa bertatap muka dan bertukar cerita hehe

    ReplyDelete
  2. Jarang ke daerah situ euy... Tp foto ayamnya ngabibita bgt :D

    ReplyDelete