Makan-makan di Keuken #7

August 23, 2016
Asyik makan-makan lagi di Keuken! Cari festival makanan di Bandung, Keuken sudah pasti saya rekomendasikan. Pokoknya kalau Keuken sudah rilis tanggal acara, buat kamu yang di luar kota silakan book hotel terdekat dengan lokasi Keuken dan kunjungi Keuken. 

Keuken #7 berlokasi di Cikapundung Timur pada hari minggu 21 Agustus 2016. Festival makanan yang cuma sehari ini diselenggarakan setahun sekali. Tiap tahun temanya beda-beda. Tahun ini temanya Revisiting The River. Ci Kapundung kan nama sungai yang membelah kota Bandung. Sungai yang ikonik. Cikapundung juga nama tempat. Ya cocok sih lokasi dengan temanya walau saya agak bosan juga dengan lokasi ini karena kebanyakan acara di Bandung sekarang ini ya diadakan di sini. Heuheuheuheu :D 




Maksud temanya sih kembali membangun koneksi dengan sungai kali ya. Namun entahlah di acaranya menurut saya sih gak ada koneksi yang terbangun sama sekali, gak ada penyadaran tentang sungai sebaiknya diperlakukan seperti sungai Thames di London :D

But anyway, tema Revisiting The River adalah langkah yang udah bagus. 

Seperti biasa ada banyak kios makanan di Keuken. Tapi Keuken gak pernah naro booth makanan banyak-banyak sih. Secukupnya saja dan selalu dikurasi. Kalau diperhatikan di Keuken ini yang tampil dominan makanan modern. Western gitu. Ada juga Batagor dan Pepes Ikan kok, cocok untuk yang doyannya kuliner tradisi. 

Datang ke Keuken mah kudu nyiapin perut yang kosong, waktu yang luang, dan uang yang banyak. Hahaha :D Ya bayangin aja banyak kios makanan dan kayaknya enak-enak semua. 

Terus bagaimana cara milih makanan di Keuken ya. 

Kalau saya mulai dengan browsing semua kios dulu. Lihat satu-satu kiosnya, scanning, perhatikan menu dan harganya. Baru di pada ronde kedua sudah saya putuskan mau makan apa. Biasanya sih saya beli dari menu yang sudah saya kenal duluan. Saya beli burger Ima Mobs karena saya pernah makan dan rasanya emang enak. Semacam gak akan nyesel gitu deh. Habis itu baru deh hunting makanan lain-lainnya. Ya sesekali keluar dari zona nyaman dengan membeli makanan yang gak biasa. Kalau saya nyobain makanan yang dibeli teman saya Kuke, Burger Crabs dan Stereo Dessert.

Baca juga : Keuken #5 di Balaikota Bandung, Seru Banget!


Beberapa produk merek lama masih ada di Keuken. Kayak Aromanis, Ima Mobs, Pampidou, Batagor Hanimun, dan Pesgobar. Tapi ada juga yang produknya saya baru lihat euy. Burger Crabs, Es Krim Paleta, Burito, dan masih banyak lagi nama-namanya saya gak ingat. Sampai Sate Klathak juga ada lho di sini. Hahaha efek AADC memang mantap :D

Makanan yang jadi highlight buat saya adalah Burger dan steak fries Brother Jonn & Sons, es krim Paleta, Co Drink Premium, dan cupcake Pampidou. Enaknya bikin mau terjun ke Ci Kapundung :D Enggak ding, rasanya worth the price banget. 

Buat saya enaknya lagi di Keuken itu seru buat hunting foto. Panitia nyiapin beberapa dekorasi acara yang bagus untuk difoto. Itu sih yang saya ingat dari Keuken, acaranya simpel tapi enak untuk foto-foto. Terutama waktu Keuken #5 di Balaikota itu udah paling juara lah. Enak makan, enak duduk, enak foto-foto.  

Kalau kamu doyan street photography khusus fashion, mesti lah datang ke Keuken. Karena muda-mudi Bandung (juga yang gak muda) berdatangan dan biasanya pada tampil okeh-okeh. Chic dan egdy. Enak dilihat, bagus difoto :D 

Kalau di dunia internet, Keuken ini semacam Instagram khusus acara kuliner di Bandung. 

Sebagai nilai plus sebuah festival, Keuken biasanya menyiapkan tenaga relawan bersih-bersih. Semacam tim pembersih sampah. Mereka keliling cari sampah berserakan dan mengingatkan pengunjung untuk buang sampah ke tempat sampah. Ada juga booth khusus penukaran sampah. Saya gak tahu sih tim ini bekerja sampai malam atau tidak karena saya ke Keuken hanya di pagi sampai siang saja. Kalau sore ke malam Keuken sudah terlalu penuh dan acaranya terlalu gemerlapan ajeb-ajeb gimana gitu :D 
Semoga aja tema acara Keuken ini sampai ke hati para pengunjungnya ya. Kalau buat saya sih tema Keuken yang paling ngena adalah waktu Keuken #5 di Balaikota: The Cityhall Fairground. Banyak tempat duduk, banyak pohon rindang. Jadi adem dan leluasa bergerak.

Tema besarnya Keuken adalah Reclaim The Street. Semacam penyadaran kalau area publik adalah milik warga dan sudah seharusnya kita meramaikan area tersebut. Meski toh pada akhirnya makan-makan gak gratis tapi proses menikmati ruang publiknya itu yang seru. 

Tema Keuken yang sekarang ini -Revisiting The River- saya gak rasain apa efeknya. Biasa aja heuhuehueuheu :D Sejujurnya juga acaranya gak yang kayak saya kira. Gak sebaik Keuken #4 dan #5. Keuken udah dapat tempat di hati banyak orang yang sesuai kalangannya. Kalau ada Keuken, pasti rame banget. 

Cikapundung lokasi Keuken #7 kemarin itu udah kekecilan untuk menampung umatnya Keuken. Lagipula setahu saya Keuken adalah festival yang menghidupkan banyak ruang publik yang sebelumnya orang gak pernah kepikiran. Sayang aja sih harus balik ke Cikapundung (Riverspot) lagi. 
Masih banyak ruang publik di Bandung yang belum kesorot. Waktu Keukeun bikin di kompleks KAI kan itu unik banget. Juga waktu di kompleks Bandara Husein (cuma akses aja yang susah, macet dan gak ada transportasi umum). 

Sebagai sebuah festival, Keuken udah paling juara. Keuken adalah festival yang mengenalkan konsep good design. Cuma sayang di Keuken #7 itu kayaknya salah tempat :D heuheuheuheu. 

















Lebih banyak foto dapat kamu lihat di album foto fanpage Bandung Diary di Facebook. Please also kindly follow my page :)

Foto oleh Nurul Ulu dan Indra Yudha



11 comments on "Makan-makan di Keuken #7"
  1. duuh pertama kali masuk blog ini disuguhi ice cream XD
    enak banget ya kayaknya mba :3

    ReplyDelete
  2. duuh, foto fotonya keren banget jd pgn ice cream nih

    ReplyDelete
  3. Fotonya cakep-cakep ih, Lu. Malemnya aku lewat sana. Tenant-tenantnya agi siap-siap gitu dan banyak yang pake kostum ala-ala. Dari karakter kartun, hero sampai hantu hahaha. Siangnya aku ga bisa ke sini karena ada acara lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makaci, Teh Efi. Karakter2 itu mah emang sehari-hari juga suka mangkal di Asia Afrika, Teh. Jual jasa foto bareng hehehe. Bukan bagian dari Keuken. Tahun depan kalo ada Keuken datang ya, Teeeh. Ayo dong itu gendutin badannya meuni langsing wae :D

      Delete
  4. Baca nama acaranya bagaimana sih Lu? Dari tadi aku bacanya pakai ejaan Jerman soalnya ,,, jadi koyken! :-D

    Tapi konsepnya bagus sih, memanfaatkan ruang publik. Cuma kalau memang temanya 'kembali ke sungai' tapi gak ada hal-hal yang berkaitan dengan sungai, jatuhnya jadi sekedar tema aja.

    Boleh dong tahun depan, kalau sudah ada tanggalnya lagi, aku dicolek. Siapa tahu pas libur di darat, jadi bisa ikut nyicipin Keuken ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau bacanya gimana hahaha :D emang dari bahasa Jerman. Artinya dapur ya kalo gak salah. Nah itu udah bener kayaknya, Koyken. Kami mah nyebutnya sesuai ejaan, Keuken dengan 'e' yg terakhir dibaca seperti EU pada Caheum.

      Tahun depan ya bener ya ntar saya kabari hehehehe.

      Delete
  5. ih, aku kok gak tau ada acara ini.Kalau tau mah aku pengen datang, lumayan atuh bumil mah suka sagala hayang. :D

    ReplyDelete
  6. wah, ini festival yg wajib dikunjungi kalo gitu, hihihi..

    btw, foto2nya bagus banget, pake kamera apa mba? ;p

    ReplyDelete
  7. Duh makanannya bikinnnnnnnnnnnnnn ngiiileeeeeeeeeer

    ReplyDelete