Tobucil di Jalan Panaitan 18!

July 29, 2016
Yes, Tobucil sekarang di Jalan Panaitan 18 Bandung! Mereka pindah gitu, kalau yang sudah tahu, Tobucil kan lokasi sebelumnya di Jalan Aceh. 

FYI, Tobucil adalah salah ruang kreatif di Bandung yang -buat saya- sederhana tapi gerakannya konsisten dan produktif. Kalau ada yang bilang Bandung itu orang-orangnya kreatif, ya di Tobucil ini salah satu wujud kreativitas orang Bandung. 




Pertama kali saya kenal Tobucil gara-gara saudara saya yang kerja di sana (imatakubesar) waktu tahun...berapa yah, 2006 kayaknya ya. Pertama kali saya ikut kelas menulis di sini, kelas merajut, kelas review buku Pramoedya Ananta Toer, dan pertama kalinya juga saya melihat pertunjukkan Endah & Rhessa zaman musik mereka masih blues banget tahun 2007! 

FYI, lagi untuk yang belum tahu, Tobucil merupakan singkatan dari Toko Buku Kecil. Emang aslinya toko buku, tapi produknya nambah ke barang-barang craft karena isinya orang Tobucil orang yang semuanya apa-apa bikin sendiri. 

Kalau di Bandung saya sih ngerasain banget semangat DIY (Do It Youself) dan handmade-stuff datangnya dari tempat ini. Tobucil malah secara berkala bikin Crafty Days. Browsing deh tentang Crafty Days. 

Di Tobucil biasanya banyak kelas-kelas seru! Terbuka untuk umum. Terakhir saya di sana, ada Kelas Skenario Film, Kelas Fotografi, Kelas Public Speaking, juga Kelas Book Binding yang dibuat khusus oleh pendirinya, Mba Tarlen (Vitarlenology). 

Ya kalau kamu suka hal-hal yang gak mainstream (kan sekarang lagi ngetren tuh anti-mainstream hehehehe) dan berhubungan dengan dunia art, craft, handmade, book, dan sejenisnya, Tobucil ini salah satu yang patut kamu datangi. Bukan tempat yang besar dan fancy, buat saya pribadi sih Tobucil itu bikin betah banget. Gak ada Tobucil di Bandung macam Yogyakarta tanpa galeri-galeri seninya :D hehehe. 

Sebenarnya sih orang-orang di Tobucil gak pengen disebut 'beda' atau unik sih, apalagi anti-mainstream. Mereka cuma berpendirian teguh akan hal-hal yang mereka yakini dan mereka suka. Gak pengen dilabeli apa-apa, saya aja ini yang nulis kayak gitu hahahaha :P

Dan ini ketiga kalinya saya melihat Tobucil pindah tempat (kayaknya sih mereka udah lebih dari 3x ya pindahnya sejak lebih dari berapa ya, mungkin 13-14 tahun lalu). Dan tiga-tiganya tempatnya humble, teduh, nyaman, dan baguuuus! Kalau kamu ke sana dan menurut kamu tempatnya gak bagus ya berarti definisi bagus di antara kita berbeda :P 

Selamat menempati rumah baru, Tobucil! Semoga ada lebih banyak kebaikan untuk Tobucil di hari-hari mendatang! 

Cek berita-berita dari Tobucil di web: http://www.tobucil.net/
Cek juga Instagram Tobucil di @tobucil











Mba Tarlen dan studionya di tengah buku-buku buatannya!





Teks :Ulu
Foto: Indra Yudha, Nurul Ulu
14 comments on "Tobucil di Jalan Panaitan 18!"
  1. Bertamu ke rumah barunya Ulu.
    Buka lewat hp mah ngga berat kok Lu. Asik, simpel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah hehehe, nuhun, Teh Dey!

      Delete
  2. Nah ini, baru tau dari Tarlen bahwa Tobucil pindah ke Panaitan, ternyata ini tempatnya. Makasih infonya. Kesana ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Teh. Follow di IG Tobucilnya biar update, Teh. Sama-sama hehehe

      Delete
  3. Cicuiiwwwwww selamat TLD dan Templatenya teh, kerennnnn ^^

    ReplyDelete
  4. Waah Tobucil cakep banget. Cita-citaku nih pengen di rumah bikin kelas2 macam Tobucil. Moga kesampaian :)

    ReplyDelete
  5. Wah tempatnya asik ya teh Ulu, instagramable lagi ehhehee
    Suka banget, aku udah lama ga ke tobucil. Kapan-kapan mau ahh mampir lagi kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Ta. Tempatnya pindah sekarang. Sama lucunya dengan yang dulu hehehe.

      Delete
  6. Baru pertama kali berkunjung ke mari. :). Suka dengan hasil foto-fotonya. Blognya bersih, simpel. Salam kenal Mak, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo, Mba Nurin. Wah makaci ya pujiannya. Saya senang bacanya :) Salam kenal juga hehehe

      Delete