Produk Teh Gambung, Cara Menuju Perkebunan Teh di Gambung dan Biayanya

January 20, 2016
Informasi berikut ini saya peroleh dari acara jalan-jalan bersama Balad Junghun dan Tjimahi Heritage (Gamboeng Vooruit). Kalian bisa pergi sendiri ke Gambung, tapi lebih seru kalau barengan dengan teman-teman dari Gamboeng Vooruit sih.


Petunjuk Arah ke Perkebunan Teh Gambung

 Ini petunjuk arah ke perkebunan teh di Gambung, Ciwidey, ya.



  1. Kendaraan pribadi: aktifkan google map, ketik Gambung. Ikuti rutenya. Yang pasti sih ambil rute menuju Ciwidey, Bandung Selatan. Kota Bandung - Soreang - Ciwidey. Nanti begitu masuk ke Jalan Soreang - Ciwidey, hitung pom bensinnya. Setelah Pom Bensin kedua (Cisondari), ada jalan belok ke kiri menuju Gambung. Ikuti saja jalannya sampai mentok ke perkebunan teh Gambung. 
  2. Kendaraan umum: naik angkot apa saja yang menuju Soreang. 
  • Paling gampang datang ke Terminal Leuwi Panjang. Ini pangkalan terminal terakhir di Kota Bandung bagian selatan. 
  • Dari Soreang dilanjut naik angkot Soreang - Ciwidey. Ada juga Colt L300 jurusan Bandung - Ciwidey. Nanti berhenti di Pom Bensin Cisondari. 
  • Lanjut naik angkot ke jurusan Gambung.
  • Naik angkot model begini cocok kalau kamu suka jalan-jalan ala backpacker. Melebur dengan keseharian warga lokal. Tapi makan waktu banyak. Kalau terbatas waktu, mendingan naik Gojek, Taksi, atau sewa mobil sekalian dari kota Bandung. 


Ongkos Berkunjung ke Perkebunan Teh Gambung


Mau berkunjung ke Perkebunan Teh Gambung, biayanya begini:
Masuk perkebunan teh : Rp 10.000/orang
Masuk pabrik teh : Rp 10.000/orang
Pemandu : Rp 25.000.

Khusus pemandu, ini macam-macam jasanya. Ada pemandu yang bisa menjelaskan sejarah teh ada juga yang jasanya menceritakan sejarah pemilik perkebunan. Atur aja mau denger cerita yang mana. 

Pusat Penelitian Teh dan Kina menyediakan kunjungan edukasi. Tarifnya berbeda, begitu juga fasilitasnya. Teman-teman dapat mengontak kantornya di alamat berikut:

Telp: 022 - 5928780
HP : 0856.5991.217
Email : agrowisata.gamboeng@gmail.com

Twitter : @gamboengtourism
Instagram : @gamboengtourism

Cek juga akun Twitter Gamboeng Vooruit supaya update dengan kegiatan mereka berikutnya. Bisa sih langsung kontak Perkebunan Teh Gambung kalau mau jalan-jalan. Cuma gak ada salahnya bergabung dengan komunitas Gamboeng Vooruit supaya konten sejarah lebih kental dan acara jalan-jalannya lebih seru, hangat, dan menyenangkan, kayak acara yang saya ceritakan sebelumnya. 


Harga Teh Gambung


Teh Gambung belum bisa dibeli di mana-mana selain di Gambungnya. Produk premiumnyaa Teh Putih. Waktu tur ke Gambung saya mencicipinya tiga gelas, wkwkwkwk maruk :D Enggak kok, saya minum dua gelas Teh Putih dan satu gelas teh hitam. Memang rasa Teh Putihnya gak ada dua...

Teh Putih Gambung curah (kayak teh tubruk bentuknya) rasanya gak pahit meski tidak dicampur gula. Waktu saya minum tehnya, eeeugghhh hangatnyaa nikmatnyaaaa! Pas diminum tuh kamu tahu kenapa tehnya premium. Efeknya itu lho, kayak minum teh di rumah para bangsawan. Hehehe :D

(Baca juga: Trip ke Perkebunan Teh di Gambung, Napak Tilas Jejak Preanger Planters)


Teh Hitam lebih pahit dibanding Teh Putih. Satu level di bawah Teh Putih lah. Harganya juga lebih murah.

Teh Putih Curah
50gr 100.000
20gr 80.000

Teh Hitam Curah
100gr 20.000

Teh Hitam Celup
25bag 10.000

Ada juga Teh Hijau, harganya di antara Teh Putih dan Teh Hitam. Mereka melayani pembelian eceran, email aja kalau mau beli. Tuh informasi emailnya saya sudah cantumkan di atas.

7 comments on "Produk Teh Gambung, Cara Menuju Perkebunan Teh di Gambung dan Biayanya"
  1. Lah pritilan biayanya kok pusing kayak mau mesen starbuck ya? Apa nggak mendingan harga paket gitu aja ya? Aku senang jalan2 di tempat seperti ini, pemandangan indah tapi ada activity nya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha gak ada paketan, Mba Lusi. Iya saya juga suka :)

      Delete
  2. emang kalau beli teh putih, teh hitam dan teh hijau harus ke gambung, kalau sy mau beli di jakarta dimana ?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Gak mesti ke Gambung. Saya sudah cantumkan no kontak dan alamat email perkebunam Gambung. Mba/Mas Anonim kontak mereka saja via no hp atau email. Pemesanan bisa dilakukan online kok. Nanti barangnya dikirim ke Jakarta.

      Delete
    3. Gak mesti ke Gambung. Saya sudah cantumkan no kontak dan alamat email perkebunam Gambung. Mba/Mas Anonim kontak mereka saja via no hp atau email. Pemesanan bisa dilakukan online kok. Nanti barangnya dikirim ke Jakarta.

      Delete
    4. Tulisan saya dibaca gak sih? :D ada email perkebunan gambung. Kontak via email. Bisa beli online. Nanti tehnya dikirim pake jasa ekspedisi. Bayarnya transfer. Begitu, mba/mas anonim yg budiman.

      Delete