Melihat Teras Cikapundung, Taman Baru di Bandung!

January 02, 2016
Sesuai janjinya, Ridwan Kamil membuka dua taman baru di Bandung. Ini yang pertama: TERAS CIKAPUNDUNG. Namanya diambil dari nama sungai yang melintas di kota Bandung, Ci Kapundung. Tamannya juga dibuat melintas sungai ini. 

Kalau orang Bandung suka nanya dengan konteks becanda: APA NAMA SUNGAI TERPANJANG DI DUNIA? Jawabannya sudah pasti sungai Ci Kapundung. Karena sungai tersebut melintas jalan Asia Afrika. Kebayang gak? :D *garing krik..krik…*

Teras Cikapudung diresmikan tanggal 31 Desember 2015. Dapat dicapai dari Jalan Siliwangi, melihat proyek pembuatan taman ini bikin penasaran juga. Bakal kayak apa ya tamannya. Secara sejarah proyeknya juga kontroversial. Pada tahu kenapa?

Dalam sejarah pembuatan taman di era Ridwan Kamil, ini pertama kalinya dia 'menggusur' warga. Memindahkan, bahasa halusnya karena proses penggusurannya dilakukan secara baik-baik. Ada dialog dengan warga, menuruti aspirasi warganya, dan masih banyak lagi. Pasti sih ada yang kecewa dengan relokasi pemukiman warga ini. You cannot please everybody. Apalagi pas tahu dipindahin karena tanahnya mau dibuat jadi taman? What, mindahin warga demi taman? Nah di sinilah debatnya gak beres-beres...

Sebagian warga yang mendiami bantaran sungai Ci Kapundung di Jalan Siliwangi dipindahkan ke rumah susun di daerah Sadang Serang. Pada saat berita pemindahan ini sedang panas-panasnya, hampir tiap hari saya memperhatikan (kalau tidak ingin disebut 'kepo' hahaha :D ) status Ridwan Kamil dan seorang seniman yang sangat pro-warga. Heboh pisan :D Beberapa hari berita tentang proyek Teras Cikapundung dan pemindahan warga menjadi headline di surat kabar Pikiran Rakyat. 

Anyway, pada waktu berkunjung ke Teras Cikapudung, saya belum bisa menjejakkan kaki ke tamannya. Masih diportal euy. Saya ke sana tanggal 1 Januari 2016 dalam rangka merayakan ulang tahun saya wkwkwkwk :D Gak deng, maksudnya sih ke sana cepet-cepet sebelum tamannya penuh orang. Mau motret pas tamannya masih kosong gitu. 

Pukul 06.30 saya sudah di parkiran Teras Cikapundung. Beberapa orang nampaknya sudah mager di sana. Tapi kami hanya bisa memandang Teras Cikapundung dari jauh. Gak cuma saya, orang-orang yang ada di situ juga penasaran. Kapan Teras Cikapundung dibuka untuk umum?

Kayak apa pemandangan Teras Cikapundung, lihat di fotonya saja ya. Ada beberapa perahu karet terparkir di tepi sungai Ci Kapundung. Apa pengunjung bisa berperahu ya… wah menarik. Yang pasti mah bakal muncul banyak selfie di Jembatan Teras Cikapundung. Saya bakal datang lagi ke Teras Cikapundung ah!

Ini saya kasih petunjuk arah ke Teras Cikapundung ya.

Cara Menuju Teras Cikapundung

  1. Lokasi Teras Cikapundung ada di Jalan Siliwangi. Jadi arahkan kendaraan kamu ke jalan tersebut. 
  2. Parkir mobil kayaknya ribet deh, sangat saya rekomendasikan untuk parkir di Sabuga saja, jalan kaki ke Teras Cikapundung. Kalau kendaraan kamu berupa motor sih masih gampang parkirnya (kalau gak penuh pengunjung sih).
  3. Usahain JANGAN PARKIR SEMBARANGAN DI PINGGIR JALAN SILIWANGI yah. Kemarin saya lihat beberapa orang main parkir motor pinggir jalan aja, alasannya cuma "mau lihat bentar aja". Cih! 
  4. Naik angkot: Cicaheum - Ledeng dan Cicaheum - Ciroyom. Turunnya pas di depan Teras Cikapundung. 
Selamat berkunjung ke Teras Cikapundung. Ikuti aturannya. Jangan dilanggar, nanti kalian difoto orang dan dimasukin fotonya ke IG lho. Halah :D Maksudnya sih jangan egois, demi mendapatkan foto yang keren biar dilike 1000 orang kamu sampai jadi bahan bully-an, duh ngejer apa sih. Attitudenya please. Hehehe :D









26 comments on "Melihat Teras Cikapundung, Taman Baru di Bandung! "
  1. Seger banget mbak...dengar-dengar bisa sambil main air sungai juga di sana. Jalan di aliran sungai, basah-basahan.. >,< *kemudianpengenkebandung*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu di Taman Dewi Sartika, di Balaikota Kalo di taman yang ini bisanya berperahu aja. Ayo sini ke Bandung :D

      Delete
  2. Cakeeep tamannya. Di kota sy ini jg baru dibangun taman dengan 'memindahkan' tempat tinggal warga, Mbak.

    Semoga suatu saat bisa ke taman ini :D

    ReplyDelete
  3. Keren lah ulu...pemandangan dan tempat yang kece dg sungai yg bersih.

    ReplyDelete
  4. Bandung keren pisan euy. itu mirip peta jadinya ya ramput-rumputnya

    ReplyDelete
  5. Keren emang.. Terakhir ke bandung juga sekali jalan, nemu dua taman. Semoga bisa mampir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, tambah banyak nih tamannya, Mba Leyla :)

      Delete
  6. keren ya mbak , memang Ridwan kamil memang jagonya bikin taman. enatr ah ke sini dekat banget dengan rumah ibuku

    ReplyDelete
    Replies
    1. jago bikin taman :D mungkin karena dia arsitek ya jadi bisa desain dan ngasih pengalaman menikmati suatu tempat dgn nyaman dan indah.

      Delete
  7. Yahhh Bandung mahhh apasih yang gak bagus mbak hihiih. Keren yakk tamanya kaalau dilihat dari high angel hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. :D saya belum masuk sampe ke bawahnya euy. rame banget soalnya. lagi nyari waktu yang rada kosong gitu tamannya.

      Delete
  8. Bagus, tapi kalo malem lightingnya dangdut ya... pake neon Biru... jadi sakit mata kalo lewat Siliwangi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aheuheuheuheu :D Iya Galih, masalah lampu ini emang kampring abis deh

      Delete
  9. Wah tamannya bagus ya ... mesti ke sana pas weekdays nih biar ga terlalu rame hehe ...

    Sempet naik perahu karetnya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak euy, rame gila banyak bgt orang2 :D pgn ke sana pas lagi sepi aja heuheuheu

      Delete
  10. owalaah ini tho jadinya. dulu tiap hari anter jemput istri lewat siliwangi trus mikir ini mau dibikin apa sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dibikin taman ternyata :D rame banget lagi hits

      Delete
  11. Keren. Kalo sekarang2 udah dibuka blm ya? Mau nanya, kalo dr stasiun angkotnya begitu juga? Makasiii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dibuka, nambah pemandangan pesawahan juga sekarang mah heheh

      Delete
  12. kalau bawa sepeda kesana bisa gak?

    ReplyDelete
  13. Wiih keren, klo ke bandung mampir ahh. thx sharingnya..

    ReplyDelete