Berkunjung ke Museum Preanger

December 07, 2015
Saya, Gele, Nabil datang ke Hotel Grand Preanger demi masuk ke museumnya. Berhubung informasi tentang museum ini belum banyak, kami bertiga agak khawatir gak boleh masuk ke museumnya sih. Terus bayar gak nih, kalau mahal gimana :D 

Oiya, lokasi Museum Preanger ada di dalam gedung Hotel Grand Preanger. Saya bertanya ke resepsionis tentang museum ini. Dengan ramah petugas hotel menunjukkan arah museumnya. Ternyata gratis aja masuk ke museumnya. Wah legaaaa! 

Nah akhirnya bisa melihat Museum Preanger juga. Gak ribet cara masuknya seperti yang saya bayangkan. Petugas resepsionis bilang kalau museum ini boleh didatangi orang umum, gak mesti tamu yang menginap di hotelnya saja. Tidak ada biaya masuk. Tapi sebaiknya minta izin terlebih dahulu kalau ingin memotret bagian dalam museumnya. 

Terdiri dari dua ruangan, Museum Preanger mungil banget ukurannya. Semua barang ada yang terpajang merupakan koleksi pribadi museumnya. Ada foto-foto yang memperlihatkan gedung pada awal berdirinya dahulu di tahun 1920an, lengkap dengan penjelasannya. Ada juga 'artefak' seperti mesin tik, kamera, dan gramophone. Terpampang garis sejarah Hotel Grand Preanger dari tahun ke tahun. 

Walau sudah pernah baca ceritanya, tapi baru saya lihat di Museum Preanger ini kalau Charlie Chaplin dan Amelia Earhart pernah nginep di sini. Ada juga tokoh-tokoh penting lainnya yang pernah bermalam di Preanger. Gak cuma itu, Museum Preanger ini udah kayak tribute to C.P Wolff Schoemaker, arsitektur gedungnya. Karena karya dan profilnya dipajang hampir di satu ruang lainnya lagi. Dalam mengerjakan rancangan Hotel Preanger, Wolff Schoemaker dibantu oleh asistennya yang beberapa tahun kemudian menjadi presiden RI pertama: Soekarno. 

Kita bisa membeli suvenir Hotel Grand Preanger di dalam museum ini. Bisa juga jadi oleh-oleh Bandung. Karena Grand Preanger adalah satu-satunya hotel di Indonesia dan sudah jadi legenda, gak buka cabang di kota lain. Setahu saya sih gitu, boleh koreksi siapa tahu saya salah tentang hal ini :D 

Beberapa menit di dalam museumnya, saya mengobrol dengan petugas museum yang hanya satu orang itu. Dia mengatakan kalau Museum Preanger bukan untuk dimasuki umum, tapi khusus tamu hotel saja. Wah mana yang bener nih :D Resepsionis dan petugas museum mengatakan hal yang berbeda. 

Mungkin harus telepon dulu Hotel Grand Preanger-nya supaya mendapatkan kepastian boleh masuk gaknya ya ke Museum Preanger. 

Museum Preanger
Di Hotel Grand Preanger
Jl. Asia Afrika No. 81 Bandung
Tlp : 022-4231631

Buka : senin - sabtu
Jam : 11.00 - 17.00





Post Comment
Post a Comment