Surabi Oncom Terenak di Bandung Ada di Jalan Cihapit

November 14, 2015
Ke Bandung terus jajan Surabi Keju atau yang coklat? Yaaah justru kalau menurut saya sih harusnya jajan Surabi Oncom. Keju dan coklat sih banyak tersedia di minimarket dan supermarket. Kamu udah tau rasanya kayak gimana.  Tapi oncom? Susah dapetin oncom yang enak. 

Surabi Oncom tuh udah yang paling orisinil dan Bandung banget! Jadi saya saranin sih Surabi Keju atau yang rasanya 'ngota' gitu mah piilhan kedua aja. Buruan pertamanya: SURABI ONCOM! 

Oncom tuh cara bikinnya sama kayak Tempe. Melalui proses peragian dan dibantu bakteri. Kalau tempe bahan utamanya kacang kedelai, kalau Oncom bahan utamanya kacang tanah. Kadang-kadang dicampur dengan ampas kelapa juga sih.


Oncom yang enak itu tergantung dari kualitas kacang tanahnya. Juga kualitas air yang digunakan selama proses pembuatan oncom. Oncom dari daerah pegunungan relatif lebih empuk dan enak dibanding Oncom dari daerah dataran rendah. Kayak di Cirebon, ada yang namanya Dage. Sama aja kayak Oncom, cuma sepengalaman saya, Dage rasanya gak selezat Oncom. 

Makanya Oncom Bandung itu lumayan terkenal. Tapi gak semua tempat yang jualan Oncom itu kualitas Oncomnya bagus. Keluarga saya aja kalau beli Oncom pasti di Pasar Anyar, dekat Tegalega. Penjualnya pun itu-itu saja sejak ibu masih muda. Udah langganan. Oncomnya kualitas oke. Lembut, kenyal, dan gak ada kerikilnya. 


Surabi Oncom yang enak di Bandung adanya di Jalan Cihapit. Saya belum nemu surabi oncom yang lebih enak dari Surabi Cihapit. Tiap kali makan Surabi Oncom di sana, saya meleleh. Abisnya enak banget. Banyak street food di Bandung yang jenis makanannya sesuai denga hawa Bandung yang dingin. Surabi Cihapit ini salah satunya. 

Rekomendasi saya kalau kalian ke Bandung dan pengen makanan yang khas banget rasanya, khas Bandung, ya pergilah ke Surabi Cihapit ini.

Surabi Cihapit
Jalan Cihapit di depan Toko Djitu

Buka setiap hari : 06.00 - 12.00 terus dilanjut buka lagi jam 14.00 - 21.00

Surabi Oncom 2.000
Surabi Kinca 2.000
Surabi Keju 5.000











Teks : Nurul Ulu
Foto : Indragele
3 comments on "Surabi Oncom Terenak di Bandung Ada di Jalan Cihapit"