Sel No. 5 Penjara Banceuy, Sel Penjara Soekarno

November 07, 2015
Mengunjungi situs penjara Banceuy hari itu terasa berbeda buat saya. Karena…tempatnya jadi bagus banget! udah gak kehitung sih berapa kali saya ke situs ini. Makanya pangling sekali melihat bentuknya sekarang. Selnya masih di lokasi yang sama, tapi sekelilingnya berbeda. Jauh berbeda dengan yang dulu. 

Nih foto situs penjaranya Soekarno sebelum direnovasi:

Before. Saya pinjam fotonya dari web www.nrmnews.com
Sebelum Emil jadi walikota Bandung, situs penjara Banceuy yang mana tempat Soekarno dipenjara ini dulu kondisinya mengkhawatirkan. Bau, jelek, gak jelas lah itu simbol-simbol batu buat apa dan maksudnya apa, kadang-kadang ada ada jemuran nangkring di pagarnya. Waduh pokoknya gak layak sama sekali untuk disebut situs bersejarah. Ya seperti nasib kebanyakan situs bersejarah di negeri ini lah. 

Kompleks penjara Banceuy sendiri sudah tidak ada wujudnya, berganti rupa jadi ruko. Tapi pemerintah menyisakan dua bangunan sebagai pertanda bahwa di situ dulu posisi kompleks penjara Banceuy. 

Bangunan pertama adalah pos penjaga. 
Bangunan kedua adalah sel no. 5 yang jadi selnya Soekarno. 

Memasuki situs Penjara Soekarno ini kita akan melihat undakan. Di bagian atasnya seperti panggung ada patung Bung Karno yang sedang duduk memegang buku dengan pandangan ke depan, seolah-olah beliau sedang berpikir. Di sepanjang dinding yang mengelilingi situs ini dipasang timeline perjalanan hidup Soekarno dari lahir sampai jadi presiden. Sel bisa kita lihat dari luar, tapi tidak bisa kita masuki. 

Tersedia mushola dan kamar mandi. 
Ada kamar mandi
kamar mandi.
k a m a r  m a n d i.

Ya ampun...

Ada patung Bung Karno, timeline sejarah, lantai batu berwarna hitam, bisa melihat sel penjara dalam jarak sangat dekat. Ini ya fasilitas kayak gini tuh baru ada setelah Ridwan Kamil jadi walikota. Dulu fasilitas kayak gitu gak ada. 'Dulu' yang saya maksud bukan 10 tahun lalu ya, tapi dua tahun lalu lah. Ya ampun bikin garuk-garuk kepala gak gatal gak sih, walikota dulu itu ngapain aja kerjanya ya. 

Tempat bersejarah ini sekarang jauh lebih bersih, informatif, dan terhormat. TERHORMAT. Sel penjara ini kan simbol perjuangan Soekarno, simbol gerakan beliau waktu di PNI, tempat di mana Soekarno melahirkan pidatonya yang menggelegar: Indonesia Menggugat. Melalui renovasinya, Ridwan Kamil menunjukkan gak cuma kepedulian sih, tapi juga kecerdasan dan sikap peka yang baik. Harusnya situs kayak gini gak cuma dirawat, tapi juga diperlakukan seperti kita menjaga barang koleksi sendiri. 

Terima kasih, RK. Melihat situs penjara ini sekarang saya bangga. Kalau ajak temen atau turis berkunjung ke sini saya gak malu lagi. Gak bau pesing lagi. Gak ada jemuran lagi. 

Teman-teman, seandainya kalian pernah mengunjungi situs penjara ini sebelum RK renovasi, kalian pasti…bete :D Tapi sekarang situsnya jadi bagus hehehe. 












Teks : Nurul Ulu
Foto : Indra Yudha
1 comment on "Sel No. 5 Penjara Banceuy, Sel Penjara Soekarno "
  1. Soekarno sang Bapak Bangsa
    Soekarno sang penggagas kemerdekaan
    Soekarno sang patriot
    Soekarno yang terpenjara...
    pada akhirnya...terpenjara... lalu mati ;(

    ReplyDelete