Makan Surabi di Bandung, yang enak di mana ya?

November 01, 2015
Surabi makanan cemilannya orang Sunda. Secara umum makanan ini dikenal dengan nama Serabi. Di Bandung kami menyebutnya Surabi. Gak cuma orang Sunda sih, di bagian lain Indonesia juga ada makanan yang sama kayak Surabi. Cuma beda nama aja. 

Surabi ini jenis makanan yang cocok buat disantap pada pagi dan sore hari. Ditemenin teh hangat atau kopi hitam yang mengepul-ngepul asap air panasnya. 

Dan karena Surabi ini makanan seribu umat, jadi gak sulit mencari pedagang Surabi di Bandung. Yang susah adalah ketemu dengan Surabi yang rasanya masih orisinil. 

Surabi paling ngetop di Bandung namanya Surabi Imut. Tapi sekarang namanya udah ganti dan gak seterkenal kayak 10 tahun lalu. Surabi Setiabudhi sih yang pembelinya banyak melulu kayak ada diskon 90% aja padahal enggak. Karena lokasinya dekat rumah, saya suka perhatiin tempatnya kalau lewat Surabi Setiabudhi. Gak pernah kosong deh, penuh melulu. Ckckckck. 

Surabi Setiabudhi udah saya cobain kok. Rasanya enak dan ukuran Surabinya besar deh. Tapi ya cuma sebatas enak aja gak ada perasaan yang enaknya heboh gitu. 


Apa bedanya Surabi di Bandung dengan Serabi-serabi di tempat lain? 

Sebenarnya surabi yang rasanya otentik bisa dirasain dari rasa santan dan tepung berasnya. Gak itu doang, perhatikan juga toppingnya: Surabi Oncom dan Surabi Kinca. Terutama Surabi Oncomnya. Ini yang jadi pembeda dengan Serabi dari daerah lain. 

Oncom itu enak gak enaknya tergantung yang masak dan oncomnya itu sendiri. Jarang lho ada Surabi Oncom yang oncomnya enak. Saya tahu Surabi Oncom terenak di Bandung ada di mana? Jawabannya SURABI CIHAPIT. 

Oncomnya gurih dan pedas. Kalau makan Surabi Cihapit tuh rasanya menghangatkan sekali. Yang masak oncomnya jago masak sih kelihatannya. Dia juga pinter milih oncomnya. Gak semua oncom itu enak, sama kayak Tahu dan Tempe. Gak semua Tahu dan Tempe enak kan, tergantung si pabrik tempe tahu mengolahnya seperti apa dan airnya kayak gimana. 

Kalau mau cobain Surabi Oncom di Bandung rasanya otentik banget, pergilah ke Surabi Cihapit. 

Surabi Kincanya juga enak. Surabi ini jenisnya kuah, kuahnya terbuat dari gula merah campur air. Gula kawung yang dipakai Surabi Cihapit  kualitasnya bagus jadi rasanya juga enak. Santannya juga dicampur pandan, jadi wanginya menggugah selera. 

Kalau Surabi lain-lainnya sih ya standar. Keju, coklat, susu, telor, dan masih banyak lagi. Kalau saya beli Surabi di Surabi Cihapit ini tiga macam aja: Oncom, Kinca, dan Keju. Masing-masing lima potong. Saya makan lima, Gele makan lima, Nabil makan paling satu potong. Huehehehe anaknya lagi males makan :P 

Surabi Cihapit
Jalan Cihapit di depan Toko Djitu

Buka setiap hari : 06.00 - 12.00 terus dilanjut buka lagi jam 14.00 - 21.00

Surabi Oncom 2.000
Surabi Kinca 2.000
Surabi Keju 5.000












Teks : Nurul Ulu
Foto : Indra Yudha
3 comments on "Makan Surabi di Bandung, yang enak di mana ya?"
  1. Duh surabi sudah lama gak makan ini -,-

    ReplyDelete
  2. Pengen nyobain surabi oncom, belum pernah soalnya. Di Solo juga ada serabi Mak, cuma beda tekstur. Kalau serabi Solo tipis dan lembut.

    ReplyDelete