Makan Lotek di Jalan Alkateri Bandung

November 02, 2015
Nah ini lotek langganan saya di Bandung. Lokasinya jauh sih dari rumah. Kalau kebetulan sedang lewat di sekitar Pasar Baru atau belanja kopi di Kopi Aroma, saya suka sengaja sempetin makan di Lotek Alkateri. 

Alkateri sendiri nama jalan di Bandung. Loteknya jualan di jalan tersebut. Sebenarnya Alkateri nama orang sih, penghuni lama Bandung yang keturunan bangsa Arab dan kelihatannya saudagar kaya. 

Anyway Lotek Alkateri saya suka karena ya apalagi kalau bukan rasanya :D harganya juga relatif murah. Porsinya dikit sih, buat saya mah kayak porsi cemilan hahaahaha. Tidak mengeyangkan. 

Makan lotek di sini gak beralaskan piring melainkan nasi kertas bungkus. Dibentuk seperti cone es krim, kita makan lotek dengan cara seperti kita makan es krim cone pake sendok. 




Bumbu loteknya lumayan enak. Gak mengecewakan lah, kadar bumbunya oke dan tidak encer. Sayur-sayurnnya lengkap, malah ada Paria segala. Tenang, ibu Loteknya selalu nawarin kita kok mau pake Paria atau enggak. Kalau saya sih enggak. Abisnya Paria kan pahit banget, saya gak suka :D Tapi ibu saya suka. Orang Bandung yang lebih tua dari kita (saya, angkatan anak 90an) pasti doyan Paria. 

Satu hal lagi yang saya suka dari Lotek Alkateri, mereka campur loteknya dengan potongan kerupuk terasi. Rasanya jadi makin maknyus. Saya suka sengaja nambah kerupuk terasinya. 

Dari duluuuuu sekitar tahun 2005 pertama kali saya makan Lotek Alkateri sampai sekarang tahun 2015, tempat jualannya masih sama aja. Gak ada kios, gak ada meja. Cuma kursi-kursi baso disimpan acak. Gak ada niat buka kios beneran ini ibu lotek kayaknya :D 

Suasana makan di Lotek Alkateri ini ramai sekali. Ya tempatnya kan emang pusat belanja segala macam ada. Bukan tempat yang fancy. Berantakan dan acak-acakan banget. Parkiran motor lah, orang seliweran lah. Kalau buat saya sih ini tempat yang cocok untuk kalian yang pengen tahu kehidupan jalan di Bandung. Kalo mall mah semua orang juga tahu kayak apa, tapi harta karun sebuah tempat sih kata saya ada di jalanan. Ya kayak di Jalan Alkateri ini. 

Cobain ya makan di Lotek Alkeri. Street Food di Bandung emang gak ada matinya! Tunggu episode street food in Bandung berikutnya yaaa! 










Foto : Indra Yudha (Gele)
Teks : Nurul Ulu
8 comments on "Makan Lotek di Jalan Alkateri Bandung"
  1. Wah enak banget, saya jadi penasaran. Saya selalu penasaran lihat tayangannya di tv dengan krupuk warna-warninya :)

    ReplyDelete
  2. Nge shoot nya pas banget mak..memanjakan mata membayangkan kenikmatan..
    saya juga penggemar lotek...salam...

    ReplyDelete
  3. Klo di kampungku lotek ini = pecel ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tanah jawa tengah dan timur namanya emang Pecel ;D sama enaknya tapi jenis sayurannya agak beda ya

      Delete
  4. Teteh ih... Aku generasi 90-an tapi suka paria :p

    ReplyDelete