Workshop Membuat Aplikasi Tanpa Coding Bersama Microsoft dan IDGeekGirls

October 06, 2015
Berkali-kali teori mengatakan bahwa teamwork yang baik akan membawa kebaikan dan kemenangan. Well, terbukti pada hari Sabtu 26 September 2015, saya dan empat orang lainnya menjadi pemenang kategori aplikasi Best Idea dalam acara workshop berjudul 10to10 Female of The Future. Workshop ini merupakan acara besutan Miscrosoft dan IdGeekGirls dan diselenggarakan di Co & Co Coworking Space Jl. Dipati Ukur no. 5 Bandung. 

Dalam workshop tersebut kami diajari membuat aplikasi tanpa coding. Tim dari Microsoft Student Partner ikut mendampingi, menemani dan membimbing kami membuat aplikasinya. 

Tim saya ada di urutan dua. Bernama tim Setrong dan terdiri dari lima orang termasuk saya. Pada dasarnya saya datang karena diundang sebagai blogger. Ternyata di acara tersebut gak blogger saja yang diundang. Tapi juga mahasiswa-mahasiswi dari segala macam jurusan dan kalangan umum yang aktif di dunia IT. 

Foto saya pinjam dari http://idgeekgirls.com/
Saya awalnya meragukan diri sendiri bisa menghadiri acara ini sampai penuh, secara workshop 10to10 Female of The Future berlangsung dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Gila lama amat! Hahaha. Eh ternyata saya bisa tuh ikutan sampai selesai. Begitu juga kebanyakan peserta lainnya yang perempuan semua. 

Ada 52 peserta workshop yang terbagi dalam 11 kelompok. Kelompok saya profesi anggotanya macam-macam. Ada saya sebagai blogger, Happy yang calon akuntan, Dian yang mahasiswi dari jurusan Seni Rupa, Tika si pegawai swasta, dan terakhir Febri yang penulis dan foundernya komunitas GreatMuslimah. 

Apa pentingnya ikutan workshop ini? 

Kalau buat saya bermanfaat banget. Blog saya bisa saya ubah interfacenya menjadi aplikasi. Layanan yang saya punya di blog bisa dibuat jadi lebih sederhana dan pembaca juga mudah merujuk ke directory blog saya. 

Jadi intinya Microsoft mau membantu mengubah tampilan website dan blog kita dalam bentuk aplikasi. Cuma kita tahu bikin aplikasi gak gampang, katanya harus ada proses coding-codingan yang bahasanya njelimet. 

Microsoft hadir dengan layanan membuat aplikasi tanpa coding. Memang prosesnya gak semudah yang kita bayangkan, tapi runutannya lebih sederhana dibanding kalau mesti coding. Jadi selama pukul 11.00 - 13.00 kami diajari bikin aplikasi via website windows.com. 

Setelahnya kami ditantang untuk membuat aplikasi sendiri, perkelompok. Jadi mulai jam makan siang sampai jam makan malam, satu ruangan itu sibuk pada bikin konsep dan menuangkannya dalam bentuk presentasi.

Gak nyangka kalau harus kerja perkelompok. Gak nyangka juga acara serius (tapi tetap kasual). Sampai ada tiga juri segala yang menilai aplikasi buatan kami. Saya cuma yang whaaat! beneran nih lombanya :D Secara datang tanpa siap 'berperang' heuheuheu. 

Aplikasi yang tim saya buat namanya Call Macgyver. Aplikasi ini berguna untuk teman-teman yang butuh jasa pertukangan. Semacam kayak Gojek gitu lah, cuma ini bidangnya benerin pipa yang patah, genting yang bocor, keran air yang rusak, AC yang macet, kunci rumah yang rusak, dan sejenisnya. 

Pada awalnya sih pengen bikin aplikasi yang lebih cocok temanya dengan semangat IdGeekGirls yang muda, dekat dengan dunia internet, dan aktif. Travel atau food lebih cocok tuh temanya. Tapi kami berpikir semua orang di situ bisa aja memikirkan hal yang sama. Jadi untuk amannya, pilih ide yang agak berbeda deh :D Makanya lahir aplikasi Call Macgyver. 

Tim saya kompak banget deh. Empat orang termasuk saya mengumpulkan data untuk dimasukan ke aplikasi, sementara satu orang lagi yang masuk-masukin data tersebut menjadi aplikasi. Semua bekerja masing-masing sesuai kesepakatan, terus dievaluasi, dan setor ke Happy buat dimasukin ke web windows. Dia deh yang nyulap datanya jadi aplikasi. 

Di kelompok kami gak ada debat gak jelas, gak ada bete-betean nyebelin, gak ada satu orang doang yang kerja. Semuanya bekerja sesuai porsinya dan... juara kategori Best Idea! How cool is that hahaha :D


Foto jepretannya Aini Tauhidah
Pulang ke rumah masing-masing dari kami membawa hadiah berupa voucher MAP 500.000 dan satu buah ponsel Nokia Asha. Well, thank you Microsoft dan IdGeekGirls. Dan terima kasih untuk tim SETRONG! 

Oiya, dua kelompok yang saya jagokan jadi juara juga. Salah satunya malah Winner alias menyabet kualitas semua kategori yang ada, best idea-best content-best application.

Nama kelompoknya kalo tidak salah Miss Blogga dan nama aplikasinya sama juga, Miss Blogga. Saya suka desain aplikasi ini. Sebenarnya kontennya mainstream kalau saya boleh bilang :D Tapi ada yang bilang kalau you dont have to try to be original, you just have to try to be good. Nah itulah yang Miss Blogga lakukan. Cara mereka mengemas desain dan konten aplikasinya sangat apik, matang, dan simple. Enak dibaca, enak dilihat. Dan kalau kata IdGeekGirls bilang: sangat mewakili semangat dan brandingnya IdGeekGirls. 

Juara berikutnya yang saya sudah ramalkan adalah Tim Sign Me Up. Nama aplikasinya Author Directory. Kontennya bagus deh beneran. Berhubungan dengan bahasa dan kepenulisan, aplikasi ini membantu kita memperbaiki ejaan yang salah, sampai cara mengirim tulisan ke penerbit. 

Juara kategori best application adalah Tim Gawai dengan aplikasi Matakubaca. Terharu deh mereka menang, presentasinya paling sederhana di antara kami semua, tapi ternyata hal yang paling sederhana pun sangat diapresiasi. Semangat menyebarkan hobi membacanya patut diacungi jempol. 

Sumber foto: http://idgeekgirls.com/
Acaranya seru dan berisik, secara perempuan semua :D Ternyata acara yang berlangsung lebih dari 12 jam ini gak selama yang saya rasakan. Mungkin karena sibuk bikin aplikasi dan menang pula. You know lah kalau menang terus kamu bahagia dan tiba-tiba semua terasa lebih ringan dari biasanya, 12 jam aja gak kerasa. Hahaha :D

Anyway ini acara pertama dan diadakannya baru di Bandung doang. PROUD! :)  Semoga kota lain juga bakal ketiban rejezki diselenggarakan workshop ini ya.

Thanks for reading this. 





-ulu

14 comments on "Workshop Membuat Aplikasi Tanpa Coding Bersama Microsoft dan IDGeekGirls"
  1. Ini acara, superkeren, edukatif, seru dan inovatif banget! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuup! nanti kalo mereka ke jakarta, ikutan ya teh ani.

      Delete
  2. beneran keren banget ini acara.. berharap banget Jakarta bisa ada workshop kaya gini. Selamat ya jadi the best idea. lihat keseruan di foto, jadi ikutan seru juga.

    ReplyDelete
  3. Acaranya keren banget ulu...
    Lucky you bs ikutan.
    Klo emak2 yg gak geek sm sekali kayak sayah bisa ngikutin gak yaa hahaha
    Btw syelamaat juara...
    May dung dibikinin aplikasi ttg undang2 nih. Aku kepikiran kayak bikin kamus perundang2an gt ulu...
    Kumaha tah nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah :P hahaha saya sama gapteknya kalo bikin beginian, tapi kemarin diajarin satu-satu jadi kami tinggal ikutin aja langkahnya.

      Ophi bikin blog tentang perundangan-undangan aja dulu. Khusus undang-undang ya. Karena bikin aplikasi ini sebenernya tinggal convert URL aja sebenernya. URLnya harus URL blog yang mau kita bikin aplikasi.

      Caranya nyusul ya, ngetiknya agak ribet hahaha

      Delete
  4. bakalan ada tutorialnya ngga mak? hehe... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya ada di web microsoft juga euy, coba buka windows.com deh

      Delete
  5. Di Solo bakal ada nggak ya?. Butuh banget materi nya, secara kalau urusan koding saya gagal paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. propose aja ke IDGeekGirls, teh Ety :D semoga mereka bisa bikin acara yg sama di sana

      Delete
  6. Asik ya acaranya, kapan ada di Semarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga segera yak *calling IDGeekGirls :D*

      Delete
  7. Aku seneng banget bisa datang ke acara ini, gilak pertama gak kebayang bakalan 12 jam acara non stop plus aku bawa 2 batita >.< tapi alhamdulillah ternyata seru banget dan gak kerasa tau tau udah penjurian :)

    ReplyDelete
  8. Yang paling membuat saya tetarik itu jaketnya loh bagus mbak, hmm kalau boleh tahu bikin app nya itu makek aplikasi apa mbak? Terus bikin aplikasi berbasis metro app apa desktop app? Overall keren banget deh acaranya, semoga acara sejenis bisa di adakan di deket-deket daerah ane dah.

    ReplyDelete