Reading a Blog, These Are The Blogs I Like The Most #1

September 18, 2015
Hi. This is Ulu writing dan saya suka baca blog orang lain. Membaca blog, sudah jadi jadwal saya sehari-hari. Memang gak sepaket dengan komennya sih. Jarang komen saya mah, kecuali ke blog-blog milik mereka yang nongol di grup komunitas blogger aja. 

Pekerjaan saya sehari-hari, selain yang Fish Express, berhubungan dengan laptop dan internet. Jadi sambil kerja, saya juga 'cheating' baca-baca blog. Membacanya lumayan menyegarkan isi kepala saya. Ide jadi banyak bermunculan, walau gak dilakukan juga sih idenya hahaha. Tapi muncul ide di mana-mana selalu bikin semangat kan, iya kan? :D 

Saya bagi informasi blog kesayangan di sini ya. Siapa tahu mau pada baca juga. Pada dasarnya mereka semua blog. Tapi seiring waktu, konten mereka makin banyak dan cara mereka mengolah bisnis dari blognya jadi makin profitable, jadi kelihatan kayak website sih, bukan blog pada umumnya. Tapi kalau sudah dibaca, ya tetap aja bawaannya blog. Tapi gak semua jadi blog ini jadi bisnis sih. 


1. INHABITAT


Foto ini saya capture dari website mereka


Bisa dibuka di alamat URL http://inhabitat.com. Tema besarnya lingkungan dan desain. Jangan merasa bosan dulu dengan temanya. Postingan di Inhabitat ini pendek-pendek, jarang yang lebih dari 500 kata. Isu lingkungan yang munculnya itu lho: SEGAR, UNIK, SERU, CANGGIH sehingga membuat saya berpikir: GILA INI NEGARA KITA MASIH GELANTUNGAN DI POHON YAK! :D Jauh banget ketinggalannya. 

Teknologi terbaru ada semua di Inhabitat. Cara menghemat listrik aja rupanya ada macam-macam. Mulai dari ambil tenaga sinar matahari, tenaga angin, sampai langkah kaki manusia. Tercanggih sih yang menurut saya pada sebuah artikel yang menceritakan bahwa FOTOSINTESIS TUMBUHAN BISA MENGHASILKAN LISTRIK! ooooeeeeemmmmjiiiiiii! 

Terbukti lho itu. Di Belanda, para ilmuwan menyalakan lampu jalanannya dengan bantuan fotosintesis tumbuhan. Si tumbuhan ini ditanam di pinggir jalan. 

Kalau saya sedang pusing karena masalah di pekerjaan dan mentok gak tahu harus ngapain, saya baca Inhabitat. Kayaknya dunia ini masih ada harapan deh diantara teori konspirasi teroris dan perubahan iklim. Heuheuheu


2. ABEAUTIFULMESS


Photo courtesy http://abeautifulmess.com
Wah ini! Ini! Ini! Beda jauh dengan Inhabitat temanya. Website ini girly banget dengan cara yang proper sehingga cowok-cowok juga gak akan risih kalau membaca blognya. Satu hal lagi bahwa blog yang beralamat di http://abeautifulmess.com ini penuh dengan hal-hal DIY stuff, resep yang sederhana, dan segala hal tentang fesyen. 

Saya gak menyukai semua artikel mereka. Hal petama yang membuat saya kesengsem blog buatan Elsie dan Emma ini adalah FOTOnya yang niat banget! Bagus banget dan cerah-cerah. 

Di abeautifulmess saya cuma baca artikel Tips khusus Business, Fotography, dan Blogging. Ada juga sih travelling tapi dikit banget. Buat blogger yang ingin mencari pemasukan dari blog bisa belajar banyak dari blog Abeautifulmess. Bukan sekedar mendapat Job Review, adik kakak Elsie dan Emma melakukan lebih dari itu. Mereka membangun kerajaan blognya sendiri. 

Sekarang Apple dan Canon menjadi brand yang mengendorse Abeautifulmess. Itu dua brand besar aja sih. Lain-lainnya banyak. Satu hal yang saya ingat dari Elsie, foundernya Abeautifullmess, adalah: WRITE THE BLOG YOU WANT TO READ. Di mana-mana dia nulis satu kalimat itu sebagai tipnya menulis blog. 

Kalo job review mah mereka udah sakti banget lah, banyak brand yang mereka sudah iklankan di blognya. Tapi mereka juga berkarya di bidang yang lain: membuat buku (udah dua bukunya, sekarang bakal terbit lagi buku ke 3), membuat aplikasi (dua aplikasi foto, keduanya pernah menjadi no 1 aplikasi yang dipake banyak orang di Amerika), membuat oline crash course, menjual aneka produk dari buku organizer, sampai perintilan untuk scrapbook, dan masih banyak lagi.

Gak cuma kreatif, mereka juga sangat produktif. Idenya segar dan penerapannya apik, rapi, dan matang. Walo blognya udah bisnis banget, mereka bisa menjaga suasananya tetap blog yang homy. Makanya pembaca tetap merasa nyaman baca blognya meski isinya banyak juga iklannya.

Oh ya, kalau pengen tahu selaku apa mereka dengan blognya, udah sekaya raya apa mereka karena blognya, well mereka baru-baru saja MEMBELI SATU RUMAH UNTUK DISUMBANGKAN. Eh ralat, beli satu rumah, terus mereka dekorasi sesuai selera mereka dari teras sampai halaman belakang rumahnya, lalu disumbangkan ke organisasi sosial. Yup. Udah sekaya itu :D hihihi


3. MRMRSGLOBETROT


Photo courtesy http://mrmrsglobetrot.com

Nah ini khusus Travelling. Saya jadi pelanggan mereka simply karena Julia dan Yuriy, kreator blog http://mrmrsglobetrot.com, adalah fotografer yang superb! FOTO-FOTO jepretan mereka itu lho. Ya ampuuuun! Bagusnya luas biasa. Tone fotonya konsisten banget, hangat dengan warna yang lembut. Melihat pemandangan dari fotonya saja sudah berasa breathtaking! 

Foto-fotonya kayak 'ngomong', foto bercerita gitu. Gak usah dikasih caption banyak, fotonya sudah menceritakan kehidupan yang mereka lihat. Sangat menyentuh dan menawan. Seolah-olah mereka gak butuh banyak usaha untuk menghasilkan foto sebagus itu. Padahal, dalam beberapa postingannya mereka motret pake hape. Tapi hasil fotonya kelihatan sangat profesional! Ya emang suami istri ini fotografer pro juga sih :D 

Saya suka postingan mereka tentang perjalanan ke Machu Pichu. Secara saya suka banget sama Machupichu euy. Dan mereka berdua dengan sangat baik memotret perjalanan ke tempat sakral itu dengan sangat memukau. Cantik banget!


******

Itu dia tiga blog yang saya baca hampir tiap hari :D Sangat saya rekomendasikan untuk teman-teman baca juga. Nanti saya sambung dengan rekomendasi blog yang lain ya. Until next time!

Btw pesan sponsor, follow twitter @bandungdiary yak, juga Instagramnya dengan nama yang sama@bandungdiary :D tell me if you want me to follow you back, cause i will. Thaaaanks! 

16 comments on "Reading a Blog, These Are The Blogs I Like The Most #1"
  1. TFS Mbaa...sekalian mengasah reading nih...udah lumutan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halow ophiii! thanks for stopping by here. dibaca ya blog-blog itu hehehe :D bagus banget kontennya hehehe

      Delete
  2. Udah berkunjung ke ketiga blog tersebut, tapi yang nomor salah link-nya kayaknya mbak. pas diklik, dibilang salah link, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halowww! duh makaci yah udah kasitau, saya udah revisi. thanks!

      Delete
  3. Coba ikutan nengok ak, daripada nengokin fb melulu ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahhaha iya atuh :D fb juga seru sih hehehe

      Delete
  4. WOW! Yg ketiga, setuju, superb banget jepretannya. Kok bisa yah *___* Btw, kapan gitu aku ke Bandung, harusnya aku kontak dirimu yaah, Mba T__T

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kok bisa yah.... heuheuheu bagus banget.
      wah nanti lagi mah kontak saya aja, mba grace :D

      Delete
  5. mbakkk kayanya aku mau ngepoin Inhabitat juga deh, itu blog keren ya saya selalu suka yang berbau lingkungan, thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  6. Ya ampun aku baru tahu kalo aplikasi ABM itu lahir dari seorang blogger! Duh keren amat ya.
    Itu yang mrmrsglobetrot hasil fotonya vintage ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijah pake app ABM juga? yg mrmrsblogtrot itu edit fotonya jagoan hehehe

      Delete
  7. Setelah baca ketiganya, aku paling suka yg mrmrsglobetrot

    ReplyDelete