Bahagia di Roti Gempol

January 23, 2015
Bandung sedang mendung. Tancap gas kami sedikit mengebut, menuju kawasan Gempol. Langit sudah terlalu gelap untuk jam tiga sore. Hujan deras tinggal menunggu detik. 

Memasuki mulut utama kawasan Gempol lalu berbelok dua kali, aroma roti yang dipanggang mulai semerbak. Oh Roti Gempol, kami dataaaaang! 

Roti Gempol adalah salah satu roti terenak di Bandung. Rotinya mereka produksi sendiri, makanya berbeda dengan roti bakar lain di Bandung. Satu lagi, tempatnya! Mungil sekali dan meneduhkan. 

Kira-kira setahun ini Roti Gempol sedang naik daun di kalangan anak muda. Dahulu Roti Gempol tidak seramai sekarang. Kalau saya sengaja datang ke Roti Gempol, pembelinya tuh ya kalau gak seumuran saya (umur akhir 20an) pasti kaum nenek-nenek. 

Tapi kedatangan saya beberapa kali ke Roti Gempol setahun ini mulai tidak terasa seperti dulu. Roti Gempol ramai kawula muda. Anak SMP, remaja SMA, dan mahasiswa-mahasiswi gaul. Terima kasih kepada Instagram dan Kopi Anjis yang membuat Roti Gempol makin beken. Oleh karenanya menurut saya waktu terbaik makan di Roti Gempol adalah pagi hari di hari kerja. Suasana masih syahdu, sepi, dan menenangkan. Pemandangannya adem. Tidak ada suara bising cekakak-cekikik. Hehehe :D 

Roti Gempol saking mungilnya, tidak bisa memuat lebih dari 20 orang. Ya kayaknya itu teras rumah dipake buat dagang :D 20 orang itu pun sudah menggunakan kursi tambahan. Kalau pake kursi ala Roti Gempol, paling juga muat 10 orang deh. Kursinya unik. Semacam sofa berderet lurus dan mejanya berbentuk bulat yang ditancapkan diantara kursi-kursi tersebut. Tempo dulu banget deh pemandangannya. 

Makan apa di Roti Gempol?



Rekomendasi saya roti bakar beef + telur + keju. Komplitplit! Hahaha :D Pilihannya ada roti tawar biasa atau roti gandum. Keduanya sama enaknya. 

Gak hanya roti bakarnya yang lezat, jajan juga deh Mie Yamin Roti Gempol. Alamak rasanya saya acungin jempol sepuluh! Beda banget dengan mie yamin kebanyakan. Terutama si kaldunya itu, oh Tuhan rasanya menyejukkan sekali. 

Kalau lagi liburan di Bandung, mampir ke Roti Gempol ya. Intermezzo diantara kegiatan rekreasi yang menumpuk dan macet yang bikin stres :) 

Roti Gempol
Jl Gempol Wetan 14, Bandung.

Buka setiap hari
Jam 07.00 - 21.00

Ada Roti Bakar Manis, Asin, Spesial, dan Komplit. Berikut ini menu yang saya pesan (dan enak-enak): 
Roti Bakar Manis selai Srikaya 8K
Roti Bakar Spesial Gandum Daging + Keju 16K
Roti Bakar Komplit Daging + Telur + Keju 18K
Mie Yamin Asin Baso 22K

Susu Murni 6K
Teh Manis 3K



7 comments on "Bahagia di Roti Gempol "
  1. Cara buat kesitunya, arah2nya ngga ditulis teh

    ReplyDelete
  2. Ooh gempol nama daerahnya ya mak. di Cirebon juga da derah namanya gempol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Gempol kayaknya ada artinya, mba. Kalau di Bandung, kawasan Gempol ini tempat tinggal petugas2 pegawainya Gedung Sate jaman Belanda dulu. Di kota lain pasti ada Gempol juga. Cuma saya gak tahu artinya Gempol apa, mungkin kalau udah tau bisa diambil kesamaan dari artinya tersebut.

      Delete
  3. saya melihat postingan ini di saat yg tidak tepat.
    *elusperut*

    ReplyDelete