Marugame Udon dan Tempura di Bandung

December 13, 2014
Dua tahun belakangan, sampai hari ini, kuliner dari Jepang yang namanya Ramen lagi merajalela di Bandung. Laku!

Sampai suatu hari saya dan Gele mampir ke tempat makan di Trans Square Mall lantai dua arena foodcourt. Itu loh, si Trans Studio Mall. Kami makan-makan di tempat yang namanya Marugame Udon. 

Udon? Apaan coba Udon. Apa bedanya dengan Ramen? Well ini dia.









Konsepnya sama dengan Ramen. Yaitu Mie. Bedanya si Udon ini bentuk mienya lebih tebal. Kira-kira setebal jari kelingking manusia umur enam bulan :D


Anyway, saya dan Gele tertarik masuk ke Marugame Udon karena tempatnya. Habisnya lucu banget. Konsepnya open kitchen dan bersih. Tempat makannya juga apik dan Jepang banget! Sedikit modifikasi ala Indonesia lah, tapi masih bisa terasa kok atmoser restoran Jepang yang saya suka lihat di televisi. 


Kami langsung duduk ambil tempat. Salah. Ternyata kalau di Marugame Udon, kamu masuk antrian dulu buat milih dan ambil makanannya sendiri. Proses antrinya sendiri gak lama. Lima menit saja. Cepat dan tetap bersih lah kondisi makanannya. Nah abis ambil makanannya, baru deh pilih tempat duduk :D

Marugame Udon menjual aneka jenis Udon. Tiap Udon diberi nomor biar pembeli mudah milihnya. Kalau dilafalkan bikin lidah keriting sih :D

Saya milih Udon no. 6: Mentai Kamatama Udon. Gele makan Udon no. 8: Tori Baitang Udon. 

Mentai Kamatama Udon


Ini Udon kayak Mie Goreng. Gak ada kuahnya. Topingnya sesendok saos special entah terbuat dari apa, telur ikan Mentaiko, dan telur setengah matang. Kocok dulu Udonnya dengan semua topping tersebut, baru dimakan. Rasanya telor banget! Kayak minum telor kocok euy. Saya masukin sedikit saos kedelai buat meredam rasa telornya. Aslinya sih unik sekali rasanya. Pengalaman baru buat saya makan Udon ini.

Mienya (udonnya) empuk, kenyal dan wangi. Wanginya menggugah selera banget! Udah gitu telornya beradu rasa dengan saos spesial. Rasanya baru banget buat lidah saya. Seru! 

Tori Baitang Udon




Udon berkuah kaldu putih. Ada tiga buah baso di dalamnya. Rasa kuah dan basonya juara banget! beda dengan baso yang kita makan pada umumnya. Basonya lembut sekali, gurihnya berasal dari kaldu yang anehnya berasa agak manis. Gabungan antara rasa yang kuat tapi lembut.

Basonya itu loh yang kata saya sih jadi unggulan. Enak banget!

Tempura
Selain Udon, kami juga makan Tempura. Dalam bahasa Jepang, Tempura artinya gorengan. Nih ya Tempura yang kami makan. Kami pilih Tempura yang besar-besar dan juga yang kecil. Kesimpulannya, Tempura yang kecil lebih gurih dan dagingnya lebih kerasa. 

Ebi Tempura. Guede sekaliii! Tepungnya banyak banget dan rasanya asin. 
Cuttlefish. Ini Sotong. Enak banget, dagingnya kenyal dan tipis :D Recommended!
Skewered Tofu Roll. Udang kulit tahu. Ini juga enak. Saya suka. Recommended.
Egg Tempura. Telor setengah matang. Pas dimakan, bagian tengahnya bagaikan lava. Masih cair dan warnanya cantik sekali. 
Inari. Nasi berbalut kulit tahu. Rasanya manis banget. Saya gak terlalu cocok sama Inari. Rasanya aneh dan terlalu Jepang banget :D hahaha 

Minum
Minumnya hanya ada Ocha. Serunya bisa isi ulang sepuasnya hahahaha. Ocha itu kan minuman teh hijau. Rasanya pahit dan segar. Cocok banget nih karena menetralisir gempuran citarasa Udon yang masuk ke tenggorokan kita.

By the way, muslim jangan ragu yah makan Udon ini. Halal :) Marugame Udon punya sertifikasi kehalalannya kok.






Lokasi
Di Lantai 2 Foodcourt Trans Square Mall (TSM) 
di Jl Gatot Subroto. 

Marugame Udon on Social Media
Instagram @marugameudonID
Facebook : Marugame Udon & Tempura
Twitter : @MarugameUdonid

Harga
Mentai Kamatama Udon 50K
Tori baitang Udon 45K
Ebi Tempura 14K
Skewered Tofu Roll 12K
Egg Tempura 8K
Cuttlefish 12K
Ocha 10K, (bisa isi ulang sekenyangnya)

Petunjuk Arah ke Marugame Udon:
1. Pergilah ke Trans Studio Mall di Jalan Gatot Subroto. 
2. Naik ke lantai dua, artinya naik eskalator dua kali. 
3. Marugame Udon lokasinya gak jauh dari eskalator. 
4. Angkot yang lewat TSM:
Elang - Cicadas
Cicaheum - Binong

Baca ini juga yah. Bagian keduanya. heheheh :D




Teks : Nurul Ulu
Foto : Indra Yudha
25 comments on "Marugame Udon dan Tempura di Bandung"
  1. beneran halal mak... wah reccomended banget! selama ini saya cari kok susyaaaah banget yg kejepangan. kebanyakan udah ala indonesia...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran. Kan ala indonesia :D klo rasanya terlalu jepang mah pasti gak halal :D hehee

      Delete
  2. ya ampunnn, fotonyaaaaa, bener2 menggugah seleraaaa

    ReplyDelete
  3. referensi kulinernya sangat informatif banget, apalagi fotonya kueren bingits mba :)

    ReplyDelete
  4. referensi kulinernya sangat informatif banget, apalagi fotonya kueren bingits mba :)

    ReplyDelete
  5. Wuih mantap dan harganya juga luar biasa hehehe

    ReplyDelete
  6. marugame favorit akuuu. hahaha. baru tau nih ada di bandung juga.. mentaiko-nya enak banget beneran mentaiko, bukan "mentai" ala restoran sushi sebelah hihihihi aku selalu extra mentaiko buat cocolan tempuranya. enaakkkk. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. weeeis, testimoni langsung dari pelanggan tetapnya nih :)

      Delete
  7. boleh nih, ke Bandung coba lihat-lihat deech

    ReplyDelete
  8. Bener kata suami, Bandung itu surganya kuliner :D
    Mupeng banget dengan foto-fotonya.. suatu hari, harus liburan ke Bandung ini :D
    *salam kenal Mak ;)

    ReplyDelete
  9. seperti biasa, saya kasi sepuluh jempol deh utk postingannya, keren

    ReplyDelete
  10. Replies
    1. Berhasil nih saya bikin orang kelaparan hehehe

      Delete
  11. Waaakss udon jagoanku di Gandaria City sekarang ada di Bandung. Oh yess!

    Ngomong-ngomong, blogwalking dari KEB. Saya Anggun. Salam kenal ;)

    ReplyDelete
  12. Astaga, jadi lapar. Aku rencananya pengen nyoba ini nanti sore hehehe

    ReplyDelete
  13. Mau nyoba tp ragu krn halal apa nggak, tp krn teh ulu n kang gele udh nyoba baiklah akan segera di agenda kan hehehe . Nuhun ya buat rivew nya

    ReplyDelete