Tips ke Stone Garden Citatah - Padalarang Bandung

November 22, 2014
Sudah cari tahu kondisi medan di Stone Garden a.k.a Pasir Pawon? Belum? Nih ya saya bantu pake tips berikut ini. 

  1. Sepatu: keds atau sepatu trekking. Pokoke jangan sepatu cantik yah. Kan mau naik-naik ke puncak bukit, bukan naik-naik ke lantai 10 :D 
  2. Panas. Pakaiannya yang menyerap keringat. Gak usah dobel, ribet, dan tebel. Yang tipis dan sopan aja. 
  3. Bawa perbekalan. Makanan dan minuman. Kalau ada warung, beli lah ke warungnya. Prinsipnya kalau bertamu ke kawasan wisata kan ini: membeli produk dari orang lokal. 
  4. Jangan nyampah dong. Bawa lagi sampah-sampahmu. 
  5. Kalau musim hujan kayak sekarang bawa payung atau jas hujan. Kalau musim kemarau mah ya pake sunblock atau topi aja juga cukup.
  6. Hati-hati menginjak ladang kebun milik penduduk lokal. Waktu saya ke sana, saya nginjek tanaman kacang-kacangan heuheuheu. Aduh rasanya dosa banget. Makanya perhatikan kiri dan kanan jalan setapaknya yak. 
  7. Kamera! Sebarkan fotonya biar banyak yang datang ke Stone Garden. Tapi...selalu tambahin info lebih dari sekedar jalan-jalan ya. Angkat ceritanya. Kemukakan sejarahnya. Isu utamanya kan tempat ini pertambangan bukit kapur. Profile picture kamu dan Stone Garden di Instagram dan Path gak ada mangpaatnya kalau cuma bikin heboh sesaat doang euy. Saatnya berbuat lebih, ayo ayooooo! hehehe
  8. Bawa duit receh ya. Jaga-jaga kalau harus naik Ojek. 
  9. Inget ya nama aslinya Stone Garden adalah Pasir Pawon. Di situ bukan cuma Pasir Pawon doang. Turun dari Pasir Pawon ada Gua Pawon. Sama kok, tempatnya bagus buat nongol di Instagram kalian juga :D Stone Cave kayaknya keren juga ya daripada Gua Pawon wkwkwkwk :D *hush ulu!* 

Baca juga ini:

Stone Garden In The Morning




Teks: Nurul Ulu
Foto: Indragele
5 comments on "Tips ke Stone Garden Citatah - Padalarang Bandung"
  1. Ulu, penasaran pengen ke sini.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum Wr Wb
    Pasir Pawon yang didalamnya ada Situs Arkeologi Guha Pawon dan Stone Garden, mereka objek wisata Geotrex. terletak di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. dari Padalarang ± 8 Km untuk menuju lokasi.

    di Guha Pawon ada juga wisata Kampung Budaya, yang masih mempertahankan struktur Budaya, adat istiadat Sunda. disana sedang dibangun Museum untuk penyimpanan fosil dan benda bersejarah yang di gali di sekitar Pasir Pawon.

    selain Guha Pawon, Stone Garden, Cipatat masih punya daya pikat alam Aliran Citarum Purba yang terselamatkan oleh Bendungan Saguling. ± 5 Km ke arah hulu Citarum Purba, kita bisa temui aneka batuan yang diukir oleh alam berjuta tahun lamanya. Pesonanya antara lain Sanghyang Kenit (Guha Bawah air disekitar Sanghyang Tikoro), Sanghyang Tikoro (aliran sungai Citarum yang masuk kedalam bumi), Sanghyang Poek (Guha alam kearah hulu Citarum), Sanghyang Heuleut (tempat mandi bidadari yang sangat indah).

    Anda tertarik, silahkan terlusuri info di Google tentang tempat-tempat tersebut. Pesona Citarum Purba akan memanjakan anda dengan suguhan pahatan alam yang luar biasa.

    Terima kasih, semoga berkenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Assalamualaikum. Kang, punten, boleh minta kontak? Saya ingin tahu tempat menarik yg lain di Cipatat. Kalau berkenan, mohon kang kresna bhayu kirim email ke saya di berita.hendro@gmail.com. hatur nuhun.

      Delete
  3. Hayo dik Kresna, bikin acara jalan-jalan ke tempat-tempat yang anda sebut. Saya daftar sekarang (kalau waktunya bertepatan dengan kunjungan saya ke tanah air April 2016).

    ReplyDelete