Taman Balaikota Bandung

September 29, 2014
Belanda menyukai Bandung. Mereka menunjuk kota ini sebagai tempat peristirahatan. Segenap usaha mereka lakukan agar Bandung menjelma sebagai The New Holland. Atau The New Paris sih. Katanya kan Bandung itu Parijs Van Java. Buat saya Bandung masih Parit Van Java euy. Anyhow, Belanda mengecat gedung-gedungnya warna putih dan taman kota diperbanyak. Bandung yang seratus tahun lalu masih kosong menjadi wahana 'bermainnya' pelaku tata ruang dan arsitek Belanda. Peninggalan mereka masih banyak. Salah satunya taman kota. 

Taman kota dan bangunan tua yang masih apik terjaga adalah area Balaikota. Tentu saja bangunannya masih awet, itu kan markas besar pemerintah kota Bandung. Pemkot Bandung bisa dikeplak persatuan arsitek indonesia kalau macam-macam dengan gedungnya yang bersejarah itu :D 



Area Balaikota ini sempat naik daun karena kasus brand es krim yang bagi-bagi es krim gratis itu loh. Sukses bikin tamannya berantakan, kemacetan yang mengular panjang, dan warga kota serta turis yang misuh-misuh di timeline twitter :D 


Aniway, Taman Balaikota kami singkat Balkot. Ini tempat strategis untuk janji temu atau sekedar nongkrong. Frekuensi kunjungan saya ke Balkot sudah tak terhitung :D Balkot dan tamannya merupakan tempat favorit saya dan Gele. Dulu, apalagi sekarang setelah Ridwan Kamil (walikota Bandung yang baru) mendudukinya. 


Sebenarnya gak banyak sih wajah yang dipugar. Nambah kembang, patung yang ikoniknya (Badak dan Bu Dewi Sartika) dicat ulang, kursi taman ditambah, dan satu ornamen yang lagi hip diantara anak muda: Gembok Cinta. 


Eewww… Sebenernya buat saya sih yang terakhir itu aneh banget. Jomplang denga karya-karya Pak Walikota yang lain. Ah tapi kalau bikin bahagia penduduk ya sudah, nikmati saja :)

Balaikota ini dahulu gudang kopi loh. Entah bagaimana ceritanya bisa jatuh ke tangan pemerintah kita. 

Patung Badak karya Nyoman Nuarta
Pernah ke Balkot? Gimana, seneng gak main ke Balkot?
Apa, belum pernah ke Balkot? Ah sayang sekali. Coba atuh sesekali luangkan waktu jalan-jalan, duduk-duduk, main sepeda, lari di Balkot. Enakeun tempatnya. Apalagi perubahan fisik yang sebenernya gak banyak-banyak amat dilakukan oleh Walikota. Lumayan, area Balaikota jadi lebih segar dan tambah enak dipandang. 


Cara menuju (Taman) Balaikota Bandung:

Tempat ini diapit dua jalan besar utama di Bandung: Jl. Merdeka dan Jl. Wastukencana. 

1. Kalau kendaraan pribadi, pintu gerbangnya di Jl. Wastukencana sebelah kanan jalan. Pada tahu BIP kan? ya dekat situ Balkot ini teh. Dari BIP lurus saja sampai ada dua belokan lurus dan ke kanan. Kalian ambil ke kanan - lurus dikit sampai perempatan- belok kanan lagi. Siap-siap masuk gerbang Balkot.

2. Kalau angkot, wah banyak yang lewat Balkot. 
Kalapa - Ledeng
St. Hall - Dago
Antapani - Ciroyom
St. Hall - Ciumbeuleuit
Margahayu - Ledeng


3. Malam juga bisa bisa ke Balkot. Cuma lebih asyik kalau pagi hari. Udaranya lebih enak.




Foto : Indragele
5 comments on "Taman Balaikota Bandung"
  1. kapan2 ke sini deh
    taman-taman di bdg banyak bgt skrg. sukaa deh

    ReplyDelete
  2. Angkot Gunung Batu - St. Hall juga lewat, tuh..

    Tiap hari selama 5 tahun saya pernah lewat landmark ini, tapi belom pernah masuuukkk... *malu*

    ReplyDelete
  3. salam hangat dari kami ijin menyimak dari kami pengrajin jaket kulit

    ReplyDelete
  4. Indah banget taman kotanya...^_^

    ReplyDelete
  5. wahh ademm ini taman ya bu , tempat adem dan bermain yang pas ini di tengah kota... salam hangat dari kota medan ya bukk

    ReplyDelete