Restoran Kereta Api Indonesia di Bandung: BIG 99

September 01, 2014
Halow! 

Seperti judulnya, postingan ini tentang makanan. Beberapa hari lalu saya makan malam di restoran yang baru buka. Namanya BIG 99. Dari namanya, terbayang gak ini restoran apa? Apa porsinya makanannya besar-besar? atau ada 99 jenis menu di restoran ini? mungkinkah harga semua makanannya dibawah 99ribu?


Gak ada hubungannya dengan itu semua, sih. Saya juga mereka-reka apa korelasi menu, dekorasi ruangan dan konsep restorannya dengan nama BIG 99. Gak ketemu! 

Tapi restoran ini punya hubungan darah dengan PT. KAI alias Kereta Api Indonesia. 

Setelah menuai sukses dengan perombakan kualitas pelayanan kereta api, mereka beranjak ke 'darat' untuk menciptakan lini bisnis yang lain. Restoran BIG 99 berada di bawah panji departemen Restoran KAI (Reska). Mengingat banyak aset bangunan PT. KAI yang berceceran seantero Nusantara, mereka berniat memanfaatkan aset-asetnya ini. Bisa jadi restoran, ada pula niat mendirikan hotel.


BIG 99 merupakan restoran pertama milik PT. KAI di Indonesia yang ada di luar arena stasiun kereta api. Rencananya mereka akan membuat banyak restoran di banyak kota besar lain. Tidak ada alasan khusus kenapa PT. KAI memilih Bandung sebagai proyek restoran pertamanya. 

Langsung ah ke makanan. Mari kita bahas apa aja yang saya makan malam itu. Beberapa menu saya rekomendasikan karena rasanya top banget. 

GRILLED SALMON

Buat saya menu ini adalah yang the best-nya. Enak luar biasa. Daging salmonnya gak amis, lembut, dan porsinya kekecilan :D Wedges kentangnya pulen berkeju. Rasanya gurih dan super super lezat. Saos paprika merahnya juara! Antara manis dan pedas, beda tipislah. Rasa sayurannya lumayan.


Penampilannya juga ok kok. Seperti di hotel saja. Cantik dan tertata rapi. Saya gak nunggu lama untuk menu ini. Kira-kira 15 menit saja.

STEAK PIZZERIA

Ini dia jagoan berikutnya. Diantara menu yang saya makan, Steak Pizzeria porsinya paling banyak. Daging sapinya paling empuk diantara steak yang lain, saos tomatnya enak. Saos tomatnya mirip saos spageti. Gak terlalu beda malahan. Enak juga ya ternyata buat steak :D


Kalau datang ke BIG 99, pilih Steak Pizzeria yah. Recommended! 

STEAK BIG 99


Saya pilih menu ini karena nama belakangnya. Siapa tahu kan ini signature dish restoran BIG 99. Panggang has dalam sapi, ada keju mozarelanya, saosnya lupa :D kalau barbekyu bisa jadi lada hitam, kentangnya berkeju dan dibakar. Ternyata rasanya masih jauh dengan Steak Pizzeria. Enak tapi standar. Berbeda dengan dua menu di atas. Untuk harga yang lebih mahal dari Grilled Salmon dan Steak Pizzeria, Steak BIG 99 ini rasanya biasa euy. 

SPAGETI BIG 99

Lagi-lagi saya pilih berdasarkan nama belakangnya. Menu ini yang rasanya paling biasa aja. Kurang bumbu, kurang enak. Tetep habis saya embat sih :D 

Selain makanan berat, BIG 99 menyediakan cemilan. Lumpia basah, Garlic Bread, Zupa-zupa Soup, Chicken Soup, dan beberapa lainnya. Saya makan yang Lumpia Basah. Lupa gak difoto :D Rasanya enak, empuk, dan isian lumpianya banyak. Satu porsi isi dua potong.

Kita pindah ke minumannya yak. 

VANILA MILKSHAKE

Enak tapi kebanyakan es serutnya. Apa perasaan saya aja ya? Vanilanya kurang nendang. Buat diseruput setelah makan Steak cocok juga. 

JUS STRAWBERI


Nah ini dia favorit saya. Aniway saya gak coba semua minumannya, bisa jadi kalau saya minum satu-satu saya jodoh dengan menu minuman lain di BIG 99. Jus strawberi pilihan saya ini tepat banget karena jusnya enaaaaak! Orisinil beneran buah strawberi. Kental dan dagingnya masih bisa saya rasain di mulut. Recommended! 

Saya pengen nyobain minuman ber-squash-nya sih. Apa daya perut sudah kenyang. Lain kali ya saya ke sana lagi, nanti reportnya saya tulis di sini :)

Mengejutkan kalau BIG 99 sebenarnya spesialisasi susu murni. Di bagian depan restorannya, terpampang gambar sapi. Saya gak melihat satu pun pertanda yang nunjukin kalau mereka jualan susu murni euy.


Gak hanya itu. Menurut saya banyak yang harus dirombak di dalam BIG 99. Mulai dari lampu penerangan yang kurang enak pencahayaannya, cat ruangan yang warna warni norak, kursi dan mejanya gak nyeni (kecuali sofa), tata ruangan yang aneh. Ah semuanya ini mah :D PT. KAI pasti punya duit. Saya saranin sewa jasa desainer interior aja. Zaman sekarang tempat makan juga harus fotogenik. Hitung-hitung promosi gratis kan kalau orang-orang foto di dalam restoran/kafe lalu di upload ke sosial media. 

Nama besar KAI juga bisa dimanfaatkan buat branding restoran BIG 99. Sayang juga kalau enggak. Captive marketnya sudah ada, mulai dari pelanggan loyal kereta api dan komunitas pecinta kereta api.  

Mau menyantol nama KAI atau enggak buat brandingnya, yang pasti PR buat interior dan identitas restoran ini masih banyak :) Selamat berjuang, Restoran KAI eh BIG 99. Hehehe. 

BIG 99
Weekday : 09.00 - 21.00
Weekend : 09.00 - 22.00 (ada Live Music)

Lokasi : Jl. Bengawan no. 25

Harga:
Grilled Salmon 30K
Steak Pizzeria 30K
Steak BIG 99 35K
Spageti BIG 99 27K

Milkshake Vanila 14K
Jus Strawberi 12K

Twitter:
@big99_cafe

Petunjuk arah menuju BIG 99:

1. Kendaraan pribadi : paling gampang masuknya dari Jl. Ahmad Yani karena BIG 99 ada kira-kira 400 meter aja dari jalan tersebut. Belok kiri sebelum perempatan Jl. Supratman dan lurus aja sampai ketemu restorannya di sebelah kiri. Banyak jalan masuk menuju jalan Bengawan, salah satunya via Jl. Riau terus masuk ke Jl. Anggrek. Tapi belok-beloknya lumayan juga kalau gak hapal daerah situ. Mendingan via Jl. Ahmad Yani. 

2. Angkot : Tidak ada angkot yang lewat persis di depan BIG 99. Jadi mesti jalan kaki dikit dari angkot terakhir. Ada angkot jurusan Panghegar - Dipati Ukur, Riung Bandung - Dago, Margahayu - Ledeng. 
18 comments on "Restoran Kereta Api Indonesia di Bandung: BIG 99"
  1. grilled salmon nya muantabs dengan wedges potatoesnya,, ngiler... Seperti biasanya artikelnya kompliiiit sekomplit nasi tumpeng #eeeh

    ReplyDelete
  2. STEAK PIZZERIA sama MILKSHAKE COKLAT kayanya mantap tuh bu, jadi ngiler

    ReplyDelete
  3. itu maksudnya nama restorannya ya bu, saya kira restoran yang ada di stasiun kereta api di bandung ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nama restorannya. Bukan restoran di dalem keretanya.

      Delete
  4. Ngiler steak pizzeriaaaa nyam nyamm.. Makasih infonya mbak! :)

    ReplyDelete
  5. itu PT. RMU ya anak perusahan PT.KAI yang mengelola

    ReplyDelete
  6. wow, salut dengan terobosan PT. KAI! harganya pun relatif terjangkau ya.. liat fotonya emang interiornya terlihat apa adanya banget.. mudah2an usulan mbak Nurul didengar sama mereka :D

    ReplyDelete
  7. Big99 Cafe gw dapat info dari seorang teman di FB, ada promo disc 30% all item... sabtu gw meluncur ke bengawan 25, spesial menu susu olahan gw coba... and mantaap brow... Milkyway strawberry Big rp 21... oh ya satu lagi teman ku nyebutnya cafe big nenen hehehe sori nyeleneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lagi ada promo nih karena baru buka :) wah lain kali saya harus nyoba menu milkynya ah. tengkyu2 :)

      Delete
  8. suka banget dengan grilled salmon

    btw, teh uul aku minta fotonya satu yah. makasih. hehe

    ReplyDelete
  9. Wah mauuu.... harganya jg masih oke di kantong ya

    ReplyDelete