Pohon Mahoni di Bandung

September 22, 2014
Masih dalam rangkaian tulisan Pepohonan Pinggir Jalan Kota Bandung yak.

Mahoni (Swietenia macrophylla)

Pohon ini yang paling banyak ditanam di Bandung setelah pohon Angsana. Mahoni ini termasuk pohon yang gagah dan lebat. Pohonnya tinggiiiiiii sekali. Entah kenapa saya kalau memandang pohon yang satu ini rasanya seperti sedang berhadapan dengan bapak-bapak tua gagah berkumis tebal dan punya sikap badannya hangat.

Sehari-hari saya melihat pohon mahoni di jalan Cipaganti. Kalian yang pernah ke Bandung dan melaju di jalan ini, apa pernah memerhatikan barisan pohon mahoni-nya? Iya sih ini jalur macet. Tapi ya sesekali abaikan macetnya, simpan dulu ponselnya, dan perhatikan sisi kanan dan kiri jalan. Ada pohon mahoni di situ. 

Pohon Mahoni cocok sebagai tanaman peneduh jalan karena berumur tahunan, tidak mudah terkena hama atau penyakit, tidak mudah tumbang karena struktur kayu yang kuat. Makanya kalau masuk jalan cipaganti aduh adem sekali. Makasih ya, Mahoni! 

Pada saat memasuki pertengahan musim kemarau, pohon mahoni senasib dengan pohon jati. Mereka sering merontokkan daun-daun yang ada sehingga habis sama sekali. Saat rontok inilah akan dihasilkan sampah daun dalam jumlah yang cukup besar. Kalau mau ngumpulin, dedaunan ini bisa jadi kompos sih. 

Pada musim hujan tunas daun pohon Mahoni akan bermunculan kembali seperti biasa sehingga membesar dengan lebat.  Di Bandung, pohon Mahoni bisa dilihat di jalan Cipaganti dan jalan Tamansari. Jalan-jalan lainnya saya lupa-lupa ingat. Hihihi :D 


Bersambung lagi ke postingan berikutnya tentang Pohon Damar
Post Comment
Post a Comment