Pameran Potret Keluarga Penghuni Lama Bandung

September 16, 2014
Halow. 

Ini mau kasih lihat pamerah fotografi yang kami kunjungi. Acaranya diadakan di ruang bawah tanah Rumah Seni Ropih di Jl. Braga no. 43, Bandung. 

Sehari-hari tempatnya berfungsi sebagai toko lukisan. Nah di ruang bawah tanah toko lukisan ini ada kegiatan seni dan budaya. Tapi saya baru menyempatkan datang ke pameran fotografi yang ini. Rasanya baru pertama kali ini ada pameran di Bandung yang temanya potret keluarga tempo dulu. Menarik!  


Ruang pamerannya dingin :D harfiah dan konotatif. Dinginnya bukan pake angin buatan ya, namanya juga basement. Udaranya lembab. Tapi karena Bandung jadi ya dinginnya tambah aja gitu. 

Tidak terlalu banyak foto yang dipamerkan ada acara ini. Hanya ada satu ruangan besar, nah foto-foto potret keluarga dipajang semua disitu. Cahaya lampu hanya digunakan untuk menerangi foto-fotonya. 


Menarik sekali melihat foto tempo dulu. Terutama background tempat di fotonya. Gak ketinggalan ekspresi wajah objek fotonya.  Lucu, lempeng, gagah, dan otentik. 


Tiap foto dicantumkan keterangan nama dan tahun. Sayang tidak ada cerita lain dibalik fotonya. Kalau ada pasti lebih seru! Apakah perempuan di foto itu istri kedua seorang pejabat Bandung di tahun 1940an? Apakah dia satu-satunya sarjana perempuan lulusan kampus di Belanda? Apakah dia jago masak Soto Bandung? 

Apa signifikansi orang-orang di potret itu dengan sejarah Bandung?

Pengen tahu aja sih. Bukan kepo. Tapi ini kan foto tematik yang menurut saya sih harus ada 'drama'nya. Ceritanya. Picture speaks louder than words itu benar. Untuk banyak kasus foto. Tapi ada foto temanya potret keluarga yang dihubungkan dengan bandung tempo dulu, lah saya pengen tahu mereka lebih dari sekedar nama dong. Kalau pun bukan cerita tentang objek fotonya, ya kan bisa diceritakan studio fotonya di mana, masih ada atau enggak studionya. Blablabla :D 


Ya gitu deh. Katanya mau diadakan lagi ya pameran ini. Good job, panitia :) 
Saya senang hehehe. 
8 comments on "Pameran Potret Keluarga Penghuni Lama Bandung"
  1. Indahhhhh banget mak. Always loveeee your photography :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah nuhun nuhun :) padaha gitu aja potonya hehehe

      Delete
  2. Sayang sepi pengunjung ya Lu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kelihatannya mah sepi teh. heuheu sayang juga

      Delete
  3. Wah, keren hasil fotonya, yang asli lebih alami indahnya. pengin bisa terampil motret deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya orang jaman dulu terampil motretnya, mba :) saya juga pengen euy

      Delete