Social Media

Hiking di Dago Pakar, Lihat Air Terjun dan Masuk Gua Belanda

17 September 2014
Liburan di kota tempat tinggal sendiri? Kenapa enggak :D 

Di Bandung juga banyak pilihan tempat liburan. Misalnya kayak yang satu ini nih. Dago Pakar alias Taman Hutan Raya Djuanda. 

Kalau 1 kilometer = 2000 langkah kaki, maka jumlah total langkah kaki untuk mencapai air terjun ini adalah 10.000! Perjalanan jarak jauh ini akan memakan waktu sekitar satu - dua jam. Dimulai dari pintu gerbang masuk Dago Pakar-nya. Ini juga bisa jadi tergantung kegiatan selama proses kita berjalan kaki menuju ke sana. Beberapa titik di sini enaknya kita berhenti dan menikmati pemandangan, mendengar suara burung dan serangga hutan. Menyenangkan meski melelahkan.


Air terjun itu namanya Curug Omas. Ada di dalam kawasan hutan di Bandung Utara. Pemerintah menamakan kawasan ini Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tapi mari kita sebut saja Dago Pakar sebagaimana saya dan orang Bandung menyebutnya. 



Menuju air terjunnya saya berjalan kaki menembus Gua buatan pribumi di zaman penjajahan Belanda. Dari Gua Belanda ini, begitu orang-orang menamakan guanya, jarak ke Curug Omas 5 km saja. Jauh ya :D Penduduk menyediakan jasa ojek, tapi jalurnya tidak melalui Gua Belanda, melainkan ambil jalan memutar masuk hutan. 



Kalau kondisi badan fit, saya rekomen berjalan kaki saja. Lebih banyak yang bisa kita nikmati daripada naik motor. Hiking kecil-kecilan gitu deh :D capek sih memang. Toh gak tiap hari kan kita jalan kaki begini. Oiya, untuk berjaga-jaga, minta saja no hp jasa ojek yang mangkal di dekat Gua Belanda. Siapa tahu di tengah perjalanan kaki kram, kecapekan, tidak sanggup melanjutkan tapi niat lihat air terjunnya masih kuat. Tinggal telepon ojeknya, minta jemput dan antar. Tarifnya nego.



Tanjakan dan tanjakan lagi. Sedikit turunan. Begitu kontur menuju Curug Omas. Makanya jangan terus-menerus berjalan. Usahakan istirahat, nikmati pemandangan alamnya. Bawa bekal makanan atau -ini saya saranin banget- jajan di warung-warung kecil Dago Pakar. Sambil jalan-jalan ya ikut bantu menjadi sumber panghasilan penduduk lokal yang punya warung kecil di Dago Pakar ini :) 



Ada air terjun dan gua peninggalan zaman Belanda dan Jepang, ada apalagi ya di Dago Pakar? 

Museum! Sayang kondisinya gak terlalu bagus, seperti tempelan saja. Tapi ya nikmati lah yang ada ini :D Koleksinya mulai dari fosil binatang sampai artefak manusia purba. Hah? purba? Hehehe iya. Dahulu kala tempat ini huniannya manusia purba. Kesimpulan ini diambil setelah penemuan beberapa artefak purba di area sekitar Dago Pakar.


Pernah jadi tempat tinggal manusia purba, Belanda dan Jepang membangun gua disini, dan sekarang ada tukang ojek, tujuan wisata... panjang sekali riwayat Dago Pakar ini, ya.


Dago Pakar adalah hutan dengan lahan seluas 60 Hektar dan berada di ketinggian 700 – 1200 meter di atas permukaan laut. Jalan-jalan di sini bisa sekali jalan dapat beberapa 'pertunjukan': museum, hutan, merasakan sensasi masuk gua, dan melihat air terjun. 



Info ++

+ Bawa kantung sampah sendiri. Di Dago Pakar tempat sampahnya susah dicari :D
+ Bawa teropong kalau punya, bagian lembahnya asyik banget buat kita intip dari jauh. Lihat burung, lihat sungai, pepohonan, gubuk. Ah seru!
+Semua orang Bandung tahu Dago, jadi bila tersesat jangan segan bertanya pada penduduk
+ Angkot : jurusan Dago – Kalapa, atau Dago – Stasiun. Turun di Terminal, lanjut naik Ojek. 
+ Tiket masuk Rp 10.500/orang (termasuk asuransi)
+ Pemandangan terbaik untuk menikmati air terjun adalah pada waktu musim hujan. Tapi entahlah Sekarang gak jelas mana musim hujannya, kapan musim kemarau.

Masih ada, lanjut:

+ Datanglah di pagi hari karena udaranya sangat segar disini. Paling nyaman pagi hari deh dijamin :) 
+ Kalau teman-teman berasal dari luar Bandung dan hendak jalan-jalan di area Dago Pakar ini, ada banyak pilihan hotel di sepanjang jalan Dago. Tinggal pilih yang sesuai anggaran. Guesthouse ada, hotel bintang tiga dan empat juga berceceran. Beli voucher hotelnya via klikhotel saja. Harganya terjamin lebih murah karena diskonannya gede, konfirmasinya cepat, dan bisa pilih kamar sendiri pula :) 

Langkah pemesanannya:
1. Masuk http://klikhotel.com
2. Ketik hotel tujuan di kolom yang tersedia, lalu selanjutnya tinggal cek-cek ketersediaan tanggal pada hotelnya deh.
3. Kalau kesulitan, teman-teman bisa lihat di box yang ada di website klikhotel dan tertera tulisan: Bantuan. Lalu klik Cara Pesan.
4. Kalau masih bingung, tanya saja langsung di nomor kontaknya. Lengkap tuh dari BBM (74646407 dan 798DE650) sampai WA (0838-2222-2001),  dari twitter sampai Facebook :) 
5. Paling enak kalau daftar dulu jadi member, kayak sekarang Klikhotel lagi promo gift voucer 40.000 buat yang daftar jadi member. Daftarrrrr! 40ribu lumayan itu, bisa buat gantiin ongkos naik taksi atau beli pulsa lah. 





+ Selamat jalan-jalan, selamat liburan! 






Teks: Nurul Wachdiyyah
Foto: Indra Yudha Andriawan
5 comments on "Hiking di Dago Pakar, Lihat Air Terjun dan Masuk Gua Belanda"
  1. asik bgt....dulu pernah sekali ke Taman Hutan raya ini waktu masi sekolah SD or SMP, udah gak ingat kalo pemandangannya indah gini, cuma inget pohon2nya ajah yang tinggi2 itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin jaman dulu lebih banyak pepohonannya ya, jaman sekarang lebih rapi aja. mungkin sih hehehe

      Delete
  2. Hehe memang bagus di Tahura, tapi abis kecewa sama punglinya :p wkwkwkw... Dan ditulis juga di blog hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah :D ya emang pungli tempat wisata yg diurus pemerintah mah di mana2 nyebelin :))

      Delete