C I L O K Bandung

May 25, 2014
Zaman sekarang susah cari cilok yang rasanya mantap. Ngomong-ngomong cilok itu singkatan dari Aci Dicolok. Aci merujuk ke tepung sagu (aci). Colok maksudnya ditusuk sebatang lidi yang ukurannya agak tebal.
Jadi anak kecil di Bandung tahun 90an, saya doyan nih makan Cilok. Kalau saya perhatiin, cilok sekarang beda penampakan dengan yang dulu. Dari segi ukuran terutama. Dulu mah Ciloknya gede, sebesar kepalan tangan anak kecil umur  dua tahun. Kalau sekarang kayaknya ukurannya menciut, kelereng mungkin perbandingan yang cocok. Lebih gede sih dari kelereng, tapi dikit doang.
Macam-macam cilok jalanan sudah saya lahap. Sampai akhirnya bertemu juga dengan yang paling paling paling paling juara rasanya. Ya ciloknya, ya bumbunya. Kalau bumbu cilok, di jalan Buah Batu depan Yogya Supermarket ada tuh. Tapi ciloknya biasa, tepung aci melulu :)) Nah cilok rekomen saya yang ini nih. Wuenak banget.

Ini dia: CILOK SETIABUDHI
Kiosnya ya begini bentuknya. Gerobak, mangkal tiap hari di depan supermarket BORMA. Gak jauh dari gerobak ini, Cilok Setiabudhi buka cabang. Kali ini bentuknya betulan kios. Tidak besar, macam warung lah. Kita bisa duduk, makan sepuasnya, bayar sebanyak yang kita makan hahaha :D Eh ada minuman juga kalau di warungnya ini.

Cilok ini rasanya enak banget! Bumbunya mantap, entah berapa banyak msg yang ada dalam adonannya. Daun bawangnya juga terasa kuat. Meski saya tahu saya sedang makan tepung aci, tapi karena enak jadi gak berasa banget tepung acinya. Apalagi kalau sudah diuwel-uwel ke bumbu kacangnya. Alamak... makan 10 tusuk belum cukup laaa :)) FYI, satu tusuk itu isinya 3 cilok saja.

Petunjuk Arah Cilok Setiabudhi
Angkot yang lewat di depannya ada banyak! Semuanya jalur jurusan Ledeng. Mulai dari:
Kalapa - Ledeng
Cicaheum - Ledeng
Margahayu - Ledeng
Angkot jurusan Lembang - St. Hall dan Lembang - Ciroyom juga bisa. Semuanya lewat pas di depan gerobak dan warungnya. Gerobaknya ada di depan supermarket BORMA, pinggir jalan di seberang SMP 15 Bandung. Warungnya sejajar dengan gerobaknya, ada di sebrang Klinik Annur. Kalau dari arah Lembang, warung Cilok Setiabudhi ada di sebelah kiri jalan, tetangganya toko furnitur rotan/kayu, sebelum pertigaan ke arah Sukajadi ya. 




Teks: Nurul Ulu / Foto: Indra Yudha / Kamera: Android Advan S5H

2 comments on "C I L O K Bandung"
  1. salam kenal mak... wah mantap nih kaya'y cilok setiabudi,telat nih baca'y,pdhl kmrn saya jln2 ke bandung lwt setiabudi juga,mlm baru plg ke jakarta,kpn2 ah mampir...:)

    ReplyDelete
  2. Saya baru tahu singkatannya mak

    ReplyDelete