Ke Car Free Day Dago Pagi-pagi, Dengan Catatan...

April 05, 2014
Car Free Day di Bandung mulainya dari 2009. Waktu itu saya ikut meramaikan acara percobaannya, juga perdananya. Bareng-bareng sama temen-temen dari komunitas Bandung Cycle Chic. Seneng banget lihat Dago bebas dari kendaraan mesin walau cuma beberapa jam.


Sampai sekarang masih suka ke CFD Dago. Dekat dari rumah. 15 menit naik angkot sudah sampai. Dengan catatan berangkatnya pagi-pagi jam enam. Terlalu siang pun CFD terlalu bising buat saya dan keluarga.


Cari apa di Car Free Day Dago?



Kalau saya cari kesejukan. Di daerah rumah saya memang lebih sejuk dibanding Dago, tapi sejuk di Dago kan berbeda. Sambil jalan-jalan, lihat orang-orang, gak lupa jajan, dan juga foto-foto. Seru! Dengan catatan, jangan kesiangan ke CFD-nya. Makin siang, makin banyak orang, makin berisik suasananya.

Aerobik
Kalau saya biasanya jajan sosis, bubur juga pernah, roti-rotian, mochi, nasi goreng, dan susu milo. Enak-enak kok :) Harganya juga terjangkau.




Pada tahu gak kalau di Bandung malam minggu biasanya banyak mahasiswa-mahasiswi yang ngamen? Biasanya di sepanjang jalan Dago. Kayaknya beberapa dari mereka juga tampil di CFD, tapi gak ngamen. Jualan! Saya lebih suka yang jualan begini, sih.

kayaknya yang jualan lebih banyak dari barang dagangannya :D
Stand-stand jualan gak semua berjajar di sepanjang CFD. Kalau menurut aturannya, mereka boleh berjualan di pelataran/halaman depan FO atau resto. Cuma banyak yang melanggar aturan ini. Sayang juga ya.

Nih contoh dagang yang bener
Di CFD Dago gak hanya ada penjual-penjual aneka makanan dan minuman. Seniman juga pada unjuk gigi. Namanya Seniman Bangun Pagi. Mukanya kucel-kucel, persis kayak orang bangun pagi. Tapi suaranya, skil mainin musiknya... alamak! Bagus nian rancakbana. 

Ada juga Perpustakaan mobile nih. Mangkalnya di depan SMA N 1 Bandung. Di bawah pohon rindang yang tinggi dan buesar sekali.


Aerobik sudah pasti ada. Cuma sayang musiknya terlalu riuh. Berisik banget. Gak hanya aerobik ini yang berisik. Terkadang radio-radio yang naro mobil stasiunnya juga menyetel volume keras-keras. Hiks... saya lebih suka CFD Dago yang hening. Tapi ya sudahlah, gak semua bagian CFD Dago ini berisik juga kok. Tapi tetep saya ngerasa kudunya ada peraturan yang ngurusin masalah volume ini, dengan catatan peraturannya ditaati :D

Polisi Car Free Day Dago, modis-modis :D
Makanya saya bilang, lebih pagi ke Car Free Day Dago lebih baik. Suasananya lebih hening. Belum banyak orang. 

Car Free Day Dago berlangsung dari pukul 6 pagi sampai 10 pagi. Arenanya terbatas hanya di Dago bagian dari Taman Cikapayang (bawah Jalan Layang Pasupati) sampai jalan Dago di Simpang, lampu merah di perempatan simpang Dago (McD).


Jualan boleh, dengan catatan kudu di halamannya FO-FO. Buang sampah juga ke tempat sampah, lebih bagus kalau gak menghasilkan sampah, sih. Seingat saya, gak boleh bawa binatang ke Car Free Day Dago ini. Bisa jadi karena takutnya mereka tiba-tiba buang air di jalan. Berabe :))))))


Selamat jalan-jalan di Bandung :D



Baca juga:

Tips ke Car Free Day Dago


11 comments on "Ke Car Free Day Dago Pagi-pagi, Dengan Catatan..."
  1. Saya pernah sekali ke CFD Bandung. Emang rame banget sepanjang Jl. Ir. H. Djuanda. Kalau lihat mahasiswa yang lagi ngamen itu saya jadi inget pas jamannya saya mahasiswa. Waktu itu kalau bikin kegiatan dapat dananya dari pihak fakultas dikit, jadi seksi Danus nyari tambahan duit dengan cara ngamen, jualan, atau nyuciin motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat euy nyari dana tambahannya, gak minta-minta :) bagusan gitu daripada ngamen :D

      Delete
  2. aku juga seneng banget jalan2 pagi disini,, jajannya banyak yah :D hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pulang ke rumah uang jajan buat seminggu habis hahahah

      Delete
    2. Haha iya bener, langsung deh nangis haha

      Delete
  3. Waah, momen CFD memang gabisa lepas dari acara jajan-jajan. :D saya juga begitu.
    Kalau di Surabaya sih saya seringnya ke Taman Bungkul atau area PKL Masjid Agung.

    Saya suka merhatiin di postingan Mak tuh yang bagian polisi kece sama penjaja yang kreatif-kreatif gitu. Menyenangkan aja. :))

    Kalo gitu lain kali saya juga mau ngeliput yang di Surabaya ah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu liputan yang di Surabayanya yak :)

      Delete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. ahhh CFD Dago tempat yang sangat berkesan,
    karena disanalah tempat pertamakalinya aku kopdar dengan pentolan2 blogger bandung
    memang seruu abiss..
    aku seringnya jajan bubur sama keripik kentang yang spiral ituh uluu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama kali juga ketemu teh nchie yak :D

      Delete