Bandung for Beginners 1 : Mengucapkan E+U Seperti Pada Kata CicahEUm

April 17, 2014
Halo, pendatang di Bandung. Selamat datang. 
Bagaimana, sudah berapa lama tinggal di Bandung? 
Seminggu? Sebulan? Setahun?

Kota ini sayaaaaaang banget kalau kita cuekin. Banyak yang bagus-bagusnya walau kita gak boleh nutup mata sama kekurangannya juga, sih :D

Tulisan ini saya buat untuk teman-teman sekalian yang baru menetap di kota ini. Baru masuk dunia kampus, pengantin baru yang ikut kemana pasangannya mencari nafkah, diajak pindah sama orangtua, sampai mereka yang gak kuat tinggal di kota kayak Jakarta terus pindah deh ke sini, misalnya :)

Langsung kita mulai saja pelajaran Bandung Buat Pemula ini. Catatannya masih random :D 

1. Ucapkan Terima Kasih dengan kalimat HATUR NUHUN. Ngomong begini biasanya kalau kita beres transaksi belanja. Turun dari angkot dan kasih duitnya ke supir. Dibantuin bawa barang belanjaan sama tukang ojek. Ditolong orang lain. Dan sebagainya dan sebagainya.

2. Bilang Permisi dengan kalimat PUNTEN. Ucapkan kata ini kalau kita menyela tempat duduk orang lain, menyalip jalannya orang lain, mengetok rumah orang, menjatuhkan barang orang lain, menginjak kaki orang lain di dalam angkot, dan seterusnya dan seterusnya.

3. Simpan mobil/motor kalian di garasi rumah saja. Gunakan angkot dan ojek. Bandung ini banyak angkotnya. Sekarang ada moda transport alternatif. Bandung Taxi Bike, namanya. Bisa kita pesan melalui twitter. 

4. Jalan-jalan. Bandung punya banyak ruang untuk jalan-jalan. Cari yang sesuai selera dan minat.  

5. Enjoy the outdoor. Di Bandung ada taman kota, ada hutan, ada gunung, ada lapangan, ada gelanggang olahraga.

6. Ikutan komunitas.

7. Buka mata, buka telinga. Ada banyak acara menarik di kota ini: kuliner, fashion, handmade, literasi, dan masih banyak lagi. Infonya bertebaran di Twitter dan surat kabar. Terkadang banner-banner yang merusak pemandangan jalan itu ada manfaatnya juga :)

8. Bangun pagi jangan karena mengejar jam kuliah jam tujuh a.m saja atau takut dimarahi ibu mertua. Pagi-pagi, apalagi kalau hari minggu, banyak yang seru-seru! udaranya juga baik untuk paru-paru.

9. Latihan melafalkan EU. Karena kami punya cicahEUm, cibEUnying, ciumbEUlEUit, dan masih banyak lagi EU-EU lain-lainnya. Ha ha ha :D

10. Orang Bandung cinta banget sama tim sepakbola yang namanya PERSIB. Sampai-sampai ada kafenya segala. Saya sendiri tidak tertarik dengan klub ini. Tapi fenomena kecintaan masyarakat Sunda khususnya Bandung pada PERSIB ini tidak terbantahkan. Cinta gila. Dari anak-anak alay sampai anak gedongan, penggangguran sampai orang kantoran, semuanya menyimpan nama persib di relung hatinya yang terdalam. 

Sementara saya menyusun Bandung For Beginners bagian ke dua dan ketiga yang kontennya lebih detil, ini saya persembahkan satu video menarik yang menggambarkan Bandung. Gambar videonya cantik-cantik, backsound music sama menarik dengan gambarnya. 


Video ini dibuat oleh Febian Nurrahman Saktinegara. Courtesy Embara Film. Orang ini, dan beberapa temannya, membuat video dokumenter Epic Java. Tidak banyak yang sanggup membuat video dokumenter kualitas prima dan memukau. Embara Film ini pengecualian. Gambarnya tajam dengan angle yang menawan, pemilihan musik sebagai pendukung suasana gambarnya juga sesuai. Videonya bagus-baguuuuuuussss :) Cek mereka disini.

Ngomong-ngomong, selamat datang di Bandung. 
10 comments on "Bandung for Beginners 1 : Mengucapkan E+U Seperti Pada Kata CicahEUm"
  1. Video dokumenter yang bagus itu.
    Sungguh, hatur nuhun.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah langsung dipraktekan :) sawangsulna, Kang.

      Delete
  2. Wah, senang deh berkunjung dan dapat panduan 'Bandung untuk Pemula' ini, Mak. Jadi bisa punya referensi. Trims for share yaaaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiw mba alaika juga udah lama tinggal di Bandung kan ya? :D kayaknya menarik kalo mba alaika bikin juga, sudut pandangnya pasti beda sama saya. heheheh

      Delete
  3. Hatur nuhun postingannyaaa ^^
    Saya uda 8 tahun di Bandung teteup ga bisa bilang "eu" pasti langsung diledek ntah saya yang bolot kali yaaa T__T

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk :D jangan putus asa, selamat berjuang ngomong eu, noniiiiq!

      Delete
  4. Baca postingan ini jadi kangen suasana bandung bener bener adem ayem.Pernah 3 thn tinggal dibandung sampai sekarang masih berkesan,Kangen alun-alun,Gasibu,suasana malam dibandung,dinginnya air apalgi kulinernya.I miss you so much

    ReplyDelete
  5. video nya, bagusss bbeeuttt...
    masa sd n smp sya habiskan di bdg, pertamanya susah beeuutt bilang EU, tp karena sya tinggal di desa cipEUndEUy, jd lama-lama bisa dh bilang EU hho..

    ReplyDelete