Hostel Chez Bon di Braga: Hotel Ala backpakcer di Bandung (1)

March 12, 2014
Kota yang familiar dengan konsep Hostel alias dormitory adalah Jokjakarta. Di kota pelajar itu kita mudah mencari hostel. Di Bandung sebaliknya. Banyakan hotel dan wisma ketimbang hotel-hotel kelas Backpacker-nya. 


Tapi sejak tahun kemarin, 2013, Bandung punya hostel nih sekarang. Tarif per kasurnya permalam cuma Rp 120.000. Hemat banget!



Bagi beberapa orang, di penginapan yang terpenting kan bisa tidur nyaman, pelayanan ramah, dan tempatnya bersih. Nah ini saya mau rekomen hostel baik di Bandung. Hostel ya, bukan hotel. 

Ayo tepuk tangan dulu semuanya. Please welcome: CHEZ BON.


Chez Bon itu bahasa Perancis. Dilafalkannya Se Bong. Lokasi hostel ini di Jalan Braga. Pada tahu resto Kopi Oey milik pak Bondan Winarno tidak? Nah Chez Bon berada di lantai dua diatas Kopi Oey. Dan iya benar sekali, pemilik hostel ini adalah pemilik Kopi Oey. 

Pintu masuk Chez Bon yang berkanopi merah itu tuh. Mungil.
Braga ada di jantung kota Bandung. Memudahkan kita kalau mau jalan-jalan di kota Kembang ini. Mall, toko buku, taman kota, kawasan belanja (FO), aneka tempat makan, museum, Kopi Aroma, dan hampir semuanya bisa dicapai tak lebih dari empat kilometer saja. Berjalan kaki masih nyaman. Naik angkot atau ojek juga tak mahal biayanya. 

Braga dari Puncak Chez Bon
Kemarin saya berkunjung ke hostel ini. Maksudnya mau lihat-lihat bagaimana isinya Chez Bon. Sekian lama tinggal di Bandung, sekian tahun bolak-balik Braga, saya penasaran sekali sama hostel yang punya 50 ranjang tingkat (bunk bed) ini. 

Berbeda dengan hotel yang layanannya formal. Disini suasananya lebih kasual. Namun santai bukan berarti seenaknya. Disini gak boleh merokok di kamar. Kebersihan juga dijaga ketat. 

Lemari - Peta Evakuasi
Seperti biasa, tips dari ibu saya, kalau mau mengukur kebersihan suatu tempat bisa ditengok kamar mandinya. Itu yang saya lakukan. Setelah saya longok lekat-lekat, Chez Bon memiliki kamar mandi yang bersih euy. Bagus! Desainnya sederhana dan lugas. Bersih seperti langit Bandung pagi hari di musim kemarau. 

Kamar mandi 4 buah buat penghuni Small Room dan Medium Room.
1 buah Kamar Man di dalam kamar tersedia di Large Room.
Hostel Chez Bon terdiri dari tiga lantai. Lantai dasarnya resto Oey. Lantai pertama dan dua berisi lobby, kamar-kamar dan ruang kongkow. Lantai teratas adalah ruang laundry, mushola, dan lokasi makan pagi. 

Baca juga:

Hostel Chez Bon di Braga : Murah, Bersih, Nyaman (2)

10 comments on "Hostel Chez Bon di Braga: Hotel Ala backpakcer di Bandung (1)"
  1. wah nanti kalo ke bandung...dah dapat tempat nginap murah...thanks infonya....

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. hualoooow :) wah bukan job review, emang sukarela aja nulisnya ini :D hihihi

      Delete
  3. Makasih infonya..saya kadang ke Bandung ikut suami dinas

    ReplyDelete
  4. ini hotel nya bisa bawa pasangan (pacar) ga gan ?heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, ada kamar namanya small room. tapi ranjangnya tetep aja bertingkat. kamar jenis ini yg paling banyak dipesen orang sih soalnya lebih private.

      Delete
  5. nginep di situ walaupun belum muhrim boleh? Numpang cari peristirahatan. Fast respond
    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cowok & cewek dipisah ruangannya. Kalo pgn satu kamar ada kok khusus, tapi bednya ttp bertingkat. Ruangan privat utk berdua kayak gini dikit.

      Delete