Kue Balok yang Legendaris

February 10, 2014


Kue balok itu rasanya biasa aja. Standar. Padat bikin perut cepet kenyang. Harganya paling murah 1.000/potong. Tapi kenapa yah saya suka banget sama kue ini. Kalau ketemu kue balok sih palingan cuma makan 2-3 potong aja padahal. Gak kayak makan pizza yang bisa sampe 5 potong, atau baso tahu yang bisa saya abisin 10 potong satu porsinya.

Kue balok adalah jajanan murah meriah yang mengenyangkan. Biasanya penjual Kue Balok mangkal di dekat daerah pasar. Karenanya gak heran kalau penjual Kue Balok bisa beroperasi 24 jam. Kehidupan pasar kan ada yang tidak berhenti. Penghuni pasar yang suka pada beli Kue Balok ini nih.

Makanya Kue Balok favorit saya ya yang suka mangkal di deket Pasar. Lebih orisinil soalnya dari segi rasa dan suasana. Kalo kebersihannya sih gak menjamin yah, mendingan cari gerobak Kue Balok yang agak jauhan dari pasar. Sekarang kan Kue Balok udah ada di restoran, salah satunya Bancakan deket Gedung Sate.


Tapi tetep aja Kue Balok di deket Pasar Astana Anyar, Bandung itu jagoan rasanya. Terenak deh pokoknya.

Padahal kue ini simpel aja bahannya. Terigu, telur, air, gula. Sederhana aja sih. Saya suka bayangin kakek buyut saya juga pernah makan kue ini. Rasanya gimana gitu pernah nelen makanan yang pernah dimakan sama leluhur saya. Hehehe :D

Oiya, temen makan Kue Balok adalah segelas teh hangat. Kopi item yang masih mengepul asapnya juga bakalan bikin Kue Balok tambah nikmat.

foto ini saya yang jepret, liat aja gelasnya kepotong, piringnya juga :(( hihihi




yang motoin selain saya yang moto sendiri: Indra Yudha
18 comments on "Kue Balok yang Legendaris"
  1. Jadi pengen ngerasain kue balok, mbak. Boleh, tuh, kirim2 ke Surabaya :D. Hehe.
    Salam hangat dari Surabaya, mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe kalo main ke Bandung kasitau aja yah ntar saya kirimin ke hotel/rumah tempat mba Hafian nginep :)

      Delete
  2. jadi penasaran sama rasanya :D
    salam kenal mbk^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya standar, teh. cuma terigu, telur, mentega, gula. Dicampur. Nah kebayang gak rasanya? hehehe :D

      Delete
  3. Ini di Jawa Tengah juga ada lho. Namanya kue menuk kalo di tempatku. Suka deh sama kue ini, tapi udah jarang. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oyaa? wah kalo ada mau potoin dong, mba is :D pengen liat. hehe

      Delete
  4. pengen nyobain mak....kyaknya legit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh justru gak legit. standar banget kayak kue bolu :D

      Delete
  5. pengen nyobain mak....manis ga rasanya...saya suka kue yang manis2...

    ReplyDelete
  6. jadi penasaran rasanya kayak apa? kalau ke bandung juga belum pernah nemu kue balok :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang tempat jualannya gak lazim. PKL banget. kalo mau ke restoran bancakan aja deket gedung sate. Nah disitu jualan kue balok versi restoran ;)

      Delete
  7. waaah... jadi penasaran rasanya kayak apa? tapi ga pernah nemu ya kalau ke bandung.

    ReplyDelete
  8. Mak Nurul, aku baru tau deh ini namanya kue balok, soalnya aku biasa nyebut kue Pukis mak :) sama aja kan yaa.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh bukan. kue pukis saya juga tau. ini mah lebih gendut dan tebal dagingnya. cara memanggangnya juga berbeda dengan kue kebanyakan.

      Delete
  9. Uluuu.. Akhrnya aku ud nyobain ennnn.. Doyan booo!! Emg dasarnya suka sm cemilan yg adonan bgni jd beli 5pot bs hbs sndr :p. Meskipun blm nyobain yg kata mu terenak yg di pasar astana anyar itu. Hehe.. Tx Ulu +perbendaharaan kuliner Bdg

    ReplyDelete
  10. Simpel banget ya bentuk dan racikan bahannya..

    ReplyDelete
  11. Kue Balok hampir2 mirip kue ranggi ya?

    ReplyDelete