Food After Food In Old Bandung Culinary Walk (III - Finish)

December 15, 2013

The Unbeatable (Korned Keju) Roti Sidodadi

Roti lagi roti lagi. Ya maklumlah makanan eropa, nih. 350 tahun Belanda menduduki Indonesia, Legacy-nya banyak banget. Makanan salah satunya, macam roti dan kue-kue ini lah. 


Si Roti Sidodadi ini halal gaknya saya gak tau. Kalau lihat kemasan rotinya sih tidak tercantum kata Halal. Ah bismillah aja deh. Moga-moga gak dimasukin bahan yang haram menurut muslim. Heuheuheu.

Pada dasarnya sih saya sudah mulai mengurangi frekuensi makan dari toko-toko kue makanan Belanda begini, nih. Karena beberapa diantaranya gak ada logo Halal. Dulu sih saya hajar bleh makan saja yang penting tidak mengandung babi dan alkohol. Tapi makin ke sini makin milih-milih.

Berdasarkan beberapa roti yang saya makan di Sidodadi, rekomendasi saya adalah roti korned keju. Rotinya empuk, kejunya berlimpah, kornednya membuncah. Rasanya bikin saya sama gele tercengang saling melihat sambil komentar "wuenak bangeeettt". Hahaha. Harganya murah loh :D  

Warung rotinya kecil mungil dan selalu penuh. Sorean dikit, roti-roti unggulan sudah tandas dalam perut orang lain. 




Kembali Ke Akar, Pisang Goreng Simanalagi

Kenyang makan yang berkeju dan manis-manis, saatnya kembali ke rasa lokal. Pisang digoreng namanya Pisang Goreng Simanalagi. Lokasinya ada diantara kerumunan gedung-gedung. Dia nyempil diantara barang diskonan dan bajakan. Jalan Dalem Kaum dekat dengan Alun-alun.  


Saya sering makan pisang goreng enak. Jadi gak bisa bedain pisang goreng Simanalagi dengan pisang goreng yang enak-enak lainnya. Gitu-gitu aja, sih. Manis. Hehehe. Makanya sempat terheran-heran ini tempat udah ada sejak ibu saya masih perawan bau kencur. Hohoho, sejak tahun 1948 :) Kebayang gak sih tahun 50an, 60an, 70an nongkrong di pinggir jalan utama Bandung yang belum macet & masih sejuk meski jam 12 siang terus makan gorengan ini, gak lupa seruput-seruput teh manis hangat. Hmmmmhhh...




Disini pisang gorengnya menggunakan pisang tanduk & pisang raja. Pisang gorengnya juga gak hanya satu macam, tapi ada tiga, yaitu gegodoh, Pisang Tansuk, dan Pisang Kipas. Rasanya udah pasti enak.  

Gorengan lainnya juga ada. Serba gorengan lah :D
Post Comment
Post a Comment